UJI KUALITAS BAKASANG IKAN CAKALANG (KATSUWONUS PELAMIS) YANG ADA DI PASARAN BERDASARKAN PARAMETER FREE FATTY ACID (FFA) DAN PEROXIDE VALUE (PV)

Authors

  • Gisella T. Montolalu Universitas Sam Ratulangi
  • Feti Fatimah Universitas Sam Ratulangi
  • Vanda Kamu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/cp.12.1.2019.27921

Keywords:

Kualitas bakasang, ikan cakalang, free fatty acid, peroxide value

Abstract

ABSTRAK

 

Bakasang adalah produk fermentasi yang dibuat dari jeroan ikan. Telah dilakukan penelitian uji kualitas bakasang ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) yang ada di pasaran berdasarkan parameter Free Fatty Acid (FFA) dan Peroxide value (PV). Bakasang yang digunakkan berasal dari empat tempat berbeda Sario, Tambala, Supermarket dan Karombasan. Bilangan peroksida tertinggi adalah bakasang yang dibeli di Supermarket 5,18 meq/kg dan yang terendah adalah bakasang yang dibeli di Tambala 3,88 meq/kg. Asam lemak bebas tertinggi adalah bakasang yang dibeli di Karombasan 2,13% dan yang terendah adalah bakasang yang dibeli di Sario 1,25%.

 

ABSTRACT

 

Bakasang is a fermented product made from fish innard. Research has been conducted of the quality of cakalang fish (Katsuwonus pelamis) on the market has been conducted based on the parameters of Free Fatty Acid (FFA) and Peroxide value (PV). Bakasang used are from four different places: Sario, Tambala, Supermarket and Karombasan. The highest peroxide number was bakasang purchased at 5.18 meq / kg Supermarket and the lowest was bakasang purchased at Tambala 3.88 meq / kg. The highest free fatty acid was bakasang which was bought in Karombasan 2.13% and the lowest was bakasang which was bought in Sario 1.25%.

 

Downloads

How to Cite

Montolalu, G. T., Fatimah, F., & Kamu, V. (2020). UJI KUALITAS BAKASANG IKAN CAKALANG (KATSUWONUS PELAMIS) YANG ADA DI PASARAN BERDASARKAN PARAMETER FREE FATTY ACID (FFA) DAN PEROXIDE VALUE (PV). CHEMISTRY PROGRESS, 12(1). https://doi.org/10.35799/cp.12.1.2019.27921

Issue

Section

Articles