KAJIAN PRINSIP ‘ECO FRIENDLY ARCHITECTURE’, STUDI KASUS: SIDWELL FRIENDS MIDDLE SCHOOL

Authors

  • Kesha A. Pane
  • _ Suryono Jurusan Arsitektur UNSRAT Manado

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i1.365

Abstract

ABSTRAK

Era globalisasi sekarang ini, banyak perancangan bangunan yang tidak memerhatikan keselarasan antara bangunan dengan alam dan lingkungan sekitar. Contohnya: dalam hal pemanfaatan sumber daya alam, penggunaan material dan teknologi yang tidak ramah terhadap alam. Oleh karena itu, perancangan bangunan (Arsitektur) sebagai penyumbang 45% gas CO² di bumi mempunyai andil besar memicu Pemanasan Global (global warming) dan berakibat pada turunnya kualitas lingkungan.

Dari semua gejala alam yang sudah terjadi, kini sudah saatnya untuk lebih memahami alam agar tidak terjadi kerusakan alam yang lebih parah. Salah satu upaya pendekatan rancangan Arsitektur yang selaras dan ramah terhadap alam yaitu melalui Eco Friendly Architecture. Dalam prinsipnya, pembangunan akan dirancang secara holistik atau memiliki hubungan dengan ekosistem secara keseluruhan. Selain itu melalui pendekatan ini diharapkan dapat menghasilkan konsep-konsep perancangan Arsitektur yang hemat energi, ikut menjaga kelangsungan ekosistem, memanfaatkan sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbarui secara efisien dan daur ulang.

Salah satu contoh penerapan konsep bangunan yang bersertifikat Eco Friendly Architecture yaitu bangunan ‘Sidwell Friends Middle School’. Dalam bangunan ini, upaya penggunaan sumber daya alam secara efisien, daur ulang dan Eco-green dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam dengan tidak merusak tanah, air dan udara, tanpa mengabaikan kesejahteraan dan kenyamanan manusia secara fisik, sosial dan ekonomi secara berkelanjutan.

Kata kunci: Eco Friendly Architecture, Sidwell Friends Middle School

Downloads

Published

2012-05-01