Sekolah Luar Biasa Untuk Tunarungu “Difabel Antropometri”

Authors

  • Rezka L. Nender
  • Judy O. Waani
  • Rieneke L. E. Sela

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v4i1.6665

Abstract

Pendidikan adalah satu modal utama yang harus kita miliki untuk dapat bersaing didunia luar. Pendidikan bagi anak yang tidak memiliki kebutuhan khusus sudah ada dimana-mana, tetapi bagaimana dengan anak-anak difabel yang membutuhkan pelajaran dan pembinaan yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya.

Untuk itu direncanakanlah sebuah Sekolah Luar Biasa untuk Tunarungu, anak-anak tunarungu terlihat seperti anak-anak pada umunya tapi anak-anak tunarungu memiliki keterbatasan dalam pendengaran dan menyebabkan mereka tidak bisa jelas berbicara dan memiliki rasa tidak percaya diri yang tinggi. Perancangan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi seorang anak tunarungu untuk beraktifitas dan belajar didalam suatu area pendidikan, oleh karena itu diambilah studi pendukung Difabel Antropometri sebagai pendekatan perancangan untuk mendapatkan kenyamanan dalam mereka beraktifitas.

Kata kunci: Sekolah, Tunarungu, Difabel, Antropometri.

Downloads

Published

2015-04-17