Regresi Linier Berganda Untuk Menganalisis Pendapatan Petani Pala

Authors

  • Jamner Lawendatu
  • John S Kekenusa
  • Djoni Hatidja

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.3.1.2014.3998

Abstract

Abstract

Regency of Sangihe Islands is a region that has potential in the field of horticulture, especially when producing nutmeg crop that originally from Indonesia as a trading commodity. The purpose of this study is to find out how much is the chosen variable affect the farmer income in Sensong village by using multiple regression analysis. This study used primary and secondary data, with a “simple random sampling†as a sampling technique. Based on this research, the variables that have the influence on the farmer's income is the amount of nutmeg production and labor costs. The resulting coefficient of determination is 0.930, or 93 percent.

Keywords : Multiple regression analysis, the nutmeg  farmers  income

Abstrak

Kabupaten Kepulauan Sangihe adalah daerah yang cukup berpotensi dalam bidang perkebunan terutama dalam menghasilkan tanaman pala yang merupakan salah satu tanaman asli Indonesia sebagai komoditas perdagangan di dalam dan luar negeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel yang telah dipilih terhadap pendapatan petani pala di Desa Sensong dengan menggunakan analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini digunakan data primer dan sekunder, dengan simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian, variabel yang memiliki pengaruh terhadap pendapatan petani pala adalah jumlah produksi biji pala dan biaya tenaga kerja. Nilai koefisien determinasi yang dihasilkan adalah 0,930 atau 93 persen.

Kata kunci : Analisis regresi berganda, pendapatan petani pala

Author Biographies

Jamner Lawendatu

Jurusan Matematika FMIPA UNSRAT

John S Kekenusa

Jurusan Matematika FMIPA UNSRAT

Djoni Hatidja

Jurusan Matematika FMIPA UNSRAT

Downloads

Published

2014-03-30

How to Cite

Lawendatu, J., Kekenusa, J. S., & Hatidja, D. (2014). Regresi Linier Berganda Untuk Menganalisis Pendapatan Petani Pala. d’Cartesian, 3(1), 66–72. https://doi.org/10.35799/dc.3.1.2014.3998

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>