Perancangan dan Implementasi Finite Automata pada Simulasi Vending Machine

Authors

  • Jessica Christiani Irawan
  • Ineke M. A. Pakereng
  • Ramos Somya

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.1.1.2012.534

Abstract

Abstract
Language and Automata Theory is one of information technology’s component. This theory is the based of ideas and model of a computation system. One example of the Automata implementation is a vending machine. A vending machine can sell goods to customers without an operator to operate the
machine. However, in Indonesia,the presence of vending machines are rarely seen.  In this study, the author will try to learn about how a vending machine works, as well as to apply part of the Language and Automata Theory to design and create a simulation of a vending machine.  As the result of the design and implementation of Finite Automata in vending machine simulation, it can be concluded that Finite Automata can be used for basic logic to make a vending machine simulation. Through this application simulation, user can get an  experience in operating a vending machine and learn how to use the vending
machine.   
Keywords: Language and Automata Theory, Finite Automata, Vending Machine, Simulation.

Abstrak
Teori bahasa dan automata merupakan salah satu komponen ilmu informat ika. Teori inilah yang mendasari ide dan model dari sebuah sistem komputasi.  Salah satu contoh penerapan automata adalah pada  vending machine.  Vending  machine  dapat menjual barang-barang untuk konsumen tanpa adanya
seorang operator. Namun, di Indonesia, keberadaan  vending machine  masih dapat dikatakan langka. Dalam penelit ian ini, akan dipelajari cara kerja vending machine, sekaligus diterapkan bagian dari Teori Bahasa dan Automata untuk merancang dan membuat simulasinya. Berdasarkan hasil perancangan dan implementasi Finite Automata  pada simulasi  vending machine, dapat diambil kesimpulan bahwa  Finite
Automata  dapat dijadikan sebagai logika dasar untuk membuat simulasi  vending machine. Melalui aplikasi simulasi ini, diharapkan  user  dapat memperoleh pengalaman dalam mengoperasikan sebuah vending machine serta mengetahui cara menggunakan sebuah vending machine.  
Kata Kunci : Teori Bahasa dan Automata, Finite Automata, Vending Machine, Simulasi.  

Author Biographies

Jessica Christiani Irawan

Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50771, Indonesia

Ineke M. A. Pakereng

Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50771, Indonesia,

Ramos Somya

Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50771, Indonesia,

Downloads

Published

2012-09-30

How to Cite

Irawan, J. C., Pakereng, I. M. A., & Somya, R. (2012). Perancangan dan Implementasi Finite Automata pada Simulasi Vending Machine. d’Cartesian, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.35799/dc.1.1.2012.534

Issue

Section

Articles