Optimalisasi Biaya Total Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Menggunakan Program Dinamik (Studi Kasus : Nabila Bakery SPMA Kalasey Manado)

Authors

  • Putri Delfianda
  • Hanny Komalig
  • Tohap Manurung

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.4.1.2015.6816

Abstract

Program dinamik adalah salah satu teknik matematika yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pengambilan keputusan secara bertahap ganda dengan membagi satu persoalan atas beberapa bagian persoalan (tahap), kemudian memecahkan tiap tahap sampai seluruh persoalan telah terpecahkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengoptimalan total biaya produksi sesuai dengan hasil penjadwalan roti tawar di nabila bakery menggunakan program dinamik dengan pendekatan rekursif maju dan rekursif mundur. Dengan berdasarkan hasil ramalan menggunakan regresi linear diperiode mendatang mei 2014 sampai april 2015. Diketahui bahwa biaya total optimal (minimum) yang diperoleh untuk roti tawar selama satu tahun adalah Rp. 1.041.411.000. Dari biaya minimum dengan program dinamik diperoleh profit lebih optimal dibanding sebelum menggunakan program dinamik.

Kata kunci: Biaya Minimum, Program Dinamik, Regresi Linier.

Author Biographies

Putri Delfianda

Program Studi Matematika, FMIPA UNSRAT

Hanny Komalig

Program Studi Matematika, FMIPA UNSRAT

Tohap Manurung

Program Studi Matematika, FMIPA UNSRAT

Downloads

Published

2015-02-10

How to Cite

Delfianda, P., Komalig, H., & Manurung, T. (2015). Optimalisasi Biaya Total Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Menggunakan Program Dinamik (Studi Kasus : Nabila Bakery SPMA Kalasey Manado). d’Cartesian, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.35799/dc.4.1.2015.6816

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>