Pemetaan SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Empat Indikator Standar Nasional Pendidikan Dengan Menggunakan Analisis Biplot

Authors

  • Chandra Purwanto
  • Djoni Hatidja
  • Marline Paendong

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.4.1.2015.7533

Abstract

Analisis Biplot merupakan Analisis statistika deskriptif dimensi ganda yang menyajikan secara simultan n objek pengamatan dan p peubah dalam suatu grafik pada suatu bidang dua dimensi, sehingga ciri-ciri dan posisi relatif peubah tersebut dapat dianalisis.Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan karakteristik/mutu dari SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan empat indikator standar nasional pendidikan, yaitu: Standar Isi, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, dan Standar Pengelolaan; 2) melakukan pemetaan, baik keunggulan maupun kekurangan dari SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan indikator standar Nasional Pendidikan dengan menggunakan Analisis Biplot.   Data Penelitian ini diperoleh dari populasi 15 SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara sebagai Objek yang diamati. Peubah yang digunakan adalah  Peubah Standar Isi, Peubah Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Peubah Standar Sarana dan Prasarana, dan Peubah Standar Pengelolaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak statistika.  Hasilnya menunjukkan bahwa SMA/SMK yang dikategorikan memiliki keunggulan terhadap keempat indikator standar nasional pendidikan adalah SMA Negeri 1 Ratahan, SMK Negeri 1 Ratahan, SMK Negeri 1 Pusomaen, SMA Negeri 1 Touluaan, SMK Negeri 1 Touluaan, SMA Negeri 1 Tombatu, SMK Kristen Tombatu, SMA Negeri 1 Belang. Sedangkan SMA/SMK yang dikategorikan memiliki standar yang kurang unggul terhadap dua indikator standar nasional pendidikan (Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Standar Sarana dan Prasarana) adalah SMA Negeri 2 Ratahan, SMA Advent Ratahan, SMA Negeri 1 Pusomaen, SMA Kristen Ratatotok, SMA Muhammadiyah Ratatotok, SMK Muhammadiyah Ratatotok, SMK Nasional Molompar.Sekolah yang dikatakan unggul pada jumlah dan luas ruang kelas, jumlah LCD juga jumlah buku dalam perpustakaan adalah SMK N 1 Ratahan.

Kata kunci: Analisis Biplot, Standar Nasional Pendidikan

Author Biographies

Chandra Purwanto

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT, Manado

Djoni Hatidja

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT, Manado

Marline Paendong

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT, Manado

Downloads

How to Cite

Purwanto, C., Hatidja, D., & Paendong, M. (2015). Pemetaan SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Empat Indikator Standar Nasional Pendidikan Dengan Menggunakan Analisis Biplot. d’Cartesian, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.35799/dc.4.1.2015.7533

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>