Analisis Faktor-Faktor Penentu Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kota Manado Menggunakan Analisis Faktor

Authors

  • Chirdy Onibala
  • Marline Paendong
  • Djoni Hatidja

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9054

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penentu mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri di kota Manado, mengetahui indikator-indikator  yang bersifat dominan terhadap mutu pendidikan Sekolah Dasar Negeri di kota Manado dan penilaian orang tua murid terhadap mutu pendidikan Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di kota Manado dengan jumlah data responden yang di ambil sebanyak 43 Sekolah Dasar Negeri dari jumlah populasi Sekolah sebanyak 75. Dengan menggunakan Analisis faktor, hasil penelitian ini menunjukan jumlah faktor keragaman penentu mutu pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kota Manado sebesar 75,78% dengan faktor standar sarana dan prasarana memiliki kontribusi sebesar 37.319%.

Kata kunci : Analisis Faktor, Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri.

Author Biographies

Chirdy Onibala

Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Sam Ratulangi Manado

Marline Paendong

Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Sam Ratulangi Manado

Djoni Hatidja

Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Sam Ratulangi ManadoMarline_paendong@yahoo.com

Downloads

How to Cite

Onibala, C., Paendong, M., & Hatidja, D. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penentu Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kota Manado Menggunakan Analisis Faktor. d’Cartesian, 4(2), 153–162. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9054

Most read articles by the same author(s)

> >>