NILAI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN NILAI UJIAN MODUL MAHASISWA ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI
DOI:
https://doi.org/10.35790/ebm.v2i1.3644Abstract
Abstract: Intelligence quotient (IQ) is an assessment of someone’s cognitive ability. The paradigm places IQ as the only predictor of success in education. Nowadays, most of universities in Indonesia place IQ score as one of the entrance requirement. However, this presumption remains controversy. Some studies show that IQ score correlates with academic achievement, while some other studies show a contrary result. This study was carried out to correlate test score with IQ score of students. This is a cross-sectional study that was conducted to 100 undergraduate students of Medical Faculty of Sam Ratulangi University. IQ score was assessed using Intelligenz Struktur Test (IST), while test score was obtained from medical education module’s test; the first module they learned in Medical School. This study found a positively moderate and significant correlation between IQ and test score (r = 0.391; p < 0.01).
Keywords: IQ, test score
Â
Â
Abstrak: Intelligence Quotient (IQ) merupakan suatu bentuk penaksiran kemampuan kognitif seseorang. Paradigma saat ini menempatkan IQ sebagai satu-satunya tolak ukur kesuksesan di dunia pendidikan. Saat ini sejumlah perguruan tinggi menggunakan IQ sebagai salah satu syarat penerimaan mahasiswa. Namun demikian, IQ sebagai prediktor kesuksesan seseorang dalam dunia pendidikan masih kontroversi. Beberapa penelitian menujukkan IQ memiliki hubungan dengan nilai, namun beberapa penelitian menunjukkan hasil yang sebaliknya. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara IQ dengan hasil ujian mahasiswa. Penelitian ini merupakan suatu penelitian potong lintang yang dilakukan terhadap 100 orang mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Nilai IQ didapatkan melalui Intelligenz Struktur Test (IST), sedangkan nilai ujian yang diambil adalah nilai ujian modul pendidikan kedokteran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif sedang yang signifikan antara IQ dengan nilai ujian modul pendidikan kedokteran (r = 0,391; p < 0,01).
Kata Kunci: IQ, nilai ujian