Peta Digital Kota Manado Berbasis Android

Authors

  • Faisal Fatgehipon
  • Arie S.M. Lumenta
  • Brave A. Sugiarso

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i7.10749

Abstract

Abstract – Nowadays, mobile phones have been advanced not only as voice and text communication device but also by new features added to the mobile phones and smart phones, the users can access much information and get many applications in internet. Not only that, it is possible for us also to make a new application that can be useful for many other users. In this case, writer made an application to make easy the land crossing in Manado City that consists of 9 subdistricts.

The purpose of this subject is to design and implement mapping application of a subdistrict based on android that can make easy people to see and explore Manado City by using smart phone.

The first step of making this subject was designing the application and then testing. The result is the mapping application can help users to see the subdistricts of Manado City by using smart phone.

Password: That android, android map of Manado City, digital map, mobile application.

Abstrak – Saat ini perkembangan mobile phone tidak hanya difungsikan sebagai alat komunikasi suara dan pesan saja. Para vendor menambah fitur-fitur baru pada perangkat telepon seluler atau smartphone produk mereka. Contohnya, dengan perangkat smartphone saja kita dapat mengakses berbagai macam informasi melalui internet. Dengan adanya perangkat smartphone serta dengan kecanggihan yang ditawarkan dan kemudahan yang bisa kita dapatkan, banyak hal yang dapat di akses dimanapun kita berada. Oleh karena itu, bukanlah hal yang tidak mungkin apabila kita membuat sebuah aplikasi yang dapat mempermudah manusia untuk melihat wilayah Kota Manado yang terdiri dari 9 kacamatan yang ingin dikunjungi dengan menggunakan smartphone.

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi pemetaan suatu wilayah berbasis android yang dapat mempermudah manusia melakukan kunjungan dan melihat wilayah di kota manado menggunakan smartphone.

Metodologi yang digunakan yaitu melakukan desain aplikasi, kemudian uji coba aplikasi tersebut. Berdasarkan implementasi yang dilakukan maka didapat simpulan bahwa aplikasi dapat membantu user dalam melihat wilayah-wilayah  di kota manado dengan perangkat smartphone.

Kata kunci: android, aplikasi mobile, peta android Kota Manado, peta digital.

Downloads

Published

2015-12-28