Implementasi OpenVPN Server Untuk Koneksi Remote Pada Perangkat Android

Authors

  • Prasetyo U. Rompas
  • Arie S.M. Lumenta
  • Arthur M. Rumagit
  • Brave A. Sugiarso

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v1i3.605

Abstract

Saat ini berbagai aplikasi yang mampu mengontrol perangkat android secara remote dari web browser di internet dapat ditemukan dengan mudah. Namun demikian, alamat IP (Internet Protocol) yang ada pada perangkat android biasanya berubah-ubah, tergantung pada penyedia layanan internet. Masalah ini membuat pengguna android sulit untuk melakukan koneksi pada perangkat android. Beberapa aplikasi menggunakan server sendiri untuk melakukan koneksi ke perangkat android, tetapi pengguna tidak dapat memastikan keamanan data, baik yang dikirim maupun yang diterima melalui server tersebut.
Tugas Akhir ini akan mengembangkan sebuah server VPN (Virtual Private Network) pada sistem operasi berbasis linux. Server VPN ini dapat memberikan alamat IP yang tetap (Static IP Address) pada perangkat android. Alamat IP yang diberikan server VPN ini memperbolehkan pengguna android untuk melakukan akses remote secara langsung pada perangkat android, tanpa dibatasi oleh alamat IP tidak tetap (Dynamic IP Address) yang diberikan oleh penyedia layanan internet. Server ini juga dapat melakukan enkripsi data yang ditransfer melalui internet, sehingga pengguna dapat melakukan transfer data melalui internet dengan aman.
Hasil yang didapatkan dari pengembangan ini adalah sebuah VPN server yang memberikan alamat IP yang konstan (Static IP Address) pada perangkat android. Dengan demikian, pengguna dapat melakukan akses remote secara langsung pada perangkat android. Server ini memiliki proxy server yang dapat melakukan enkripsi data melalui HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure), sehingga koneksi dari web browser ke server VPN dapat dijalankan secara aman.
Kata Kunci:
Akses Remote, Android, Internet, Virtual Private Network.

Downloads

Published

2012-10-17