Perancangan dan Implementasi Content Pembelajaran Online Dengan Metode Blended Learning

Authors

  • Murdiono P. Prasetio
  • Meicsy E.I. Najoan
  • Arie S.M. Lumenta
  • Arthur M. Rumagit

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v1i3.607

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan
memanfaatkan sistem e-learning untuk meningkatkan efektivitas
dan fleksibilitas pembelajaran. Meskipun banyak hasil penelitian
menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran menggunakan
sistem e-learning cenderung sama bila dibanding dengan
pembelajaran konvensional atau klasikal, tetapi keuntungan yang
bisa diperoleh dengan e-learning adalah dalam hal
fleksibilitasnya. Melalui e-learning, materi pembelajaran dapat
diakses kapan saja dan dari mana saja. Di samping itu materi
yang dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk
multimedia yang dengan cepat dapat diperbaharui oleh pengajar.
Dalam pembuatan sistem ini, direncanakan akan dibuat suatu
perkuliahan e-learning dengan menggunakan metode blended
learning. Dimana akan menggabungkan antara pembelajaran
secara online dan konvensional. Untuk merancang sistem
perkuliahan e-learning ini menggunakan moodle sebagai bagian
utama perancangan. Fitur-fitur yang terdapat didalamnya
memungkinkan untuk dilakukan penambahan aktifitas-aktifitas
baru sesuai dengan sistem perkuliahan pada umumnya. Dalam
rancangan ini, terdapat perkuliahan melalui video conference,
web-based, dan face to face/tatap muka sebagai pembelajaran
konvensionalnya. Untuk video conference menggunakan software
polycom PVX.
Pada pembelajaran web-basednya berisi materi-materi
perkuliahan yang dapat diakses oleh mahasiswa pada halaman
Moodle. Dosen dapat langsung mengecek hasil ujian dan tugas
mahasiswa dan dapat langsung memberikan nilai. Dengan adanya
sistem ini memungkinkan menambah variasi pada proses
perkuliahan serta membuatnya berjalan dengan lebih efisien.

Downloads

Published

2012-09-17