Desain Instalasi Penerangan Pada Bangunan Multi Fungsi

Authors

  • Semuel J. Kalukar
  • Hans Tumaliang
  • Maickel Tuegeh

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i3.7976

Abstract

Abstrak

Instalasi listrik dapat diartikan sebagai suatu cara penempatan dan penyaluran tenaga listrik untuk semua peralatan yang memerlukan tenaga listrik  untuk pengoperasiannya dan bagian ini langsung berada dalam daerah kegiatan konsumen.bangunan multifungsi adalah bangunan berukuran besar sebagai tempat melakukan bermacam-macam fungsi (kegiatan)  di dalamnya.

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalahTujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mendapatkan : Desain instalasi yang baik, Estetika pencahayaan yang baik, Penggunaan standarisasi, dan Penghitungan biaya pembuatan instalasi pada ruko, kamar hotel, dan gedung convention

Metodologi yang digunakan yaitu penulis melakukan desain instalasi, kemudian menghitung tinkat pencahayaan dengan munyesuiakan dengan standarisasi yang ada. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan maka didapat desain instalasi kamar hotel, ruko, dan gedung convention yang sesuai dengan standarisasi yang ada.

Kata kunci: Desain, Estetika pencahayaan, Multifungsi Standarisasi.

Abstrack

Electrical installation can be interpreted as a way of placement and distribution of electric power to all equipment that requires electrical power for its operation and this part directly located in the area of ​​consumer activity. multifunctional building is a large-sized building as a place to perform a variety of functions (activities) in it.

The purpose of this thesis is to obtain: Installation of good design,  Good lighting aesthetics, The use of standardization, and Counting the cost of making the installation in office, hotel room, and building convention.

The methodology used is the author did design the installation, then calculate tinkat lighting with munyesuiakan with existing standardization. Based on calculations performed the importance of the design of the installation room, shop, and building convention in accordance with existing standardization.

Keywords: Aesthetic Lighting, Design, Multifungtion, Standardization.

Downloads

Published

2015-05-06