2024-03-29T11:37:12Z
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/oai
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/3727
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
Rancang Bangun Robot Pengantar Makanan Line follower
Janis, Daisy A.N.
Pang, David
Wuwung, Janny O
Abstract-- The development of industrial technology and automation encourages people to meet their needs quickly. So that the robotic technology is developed to assist and ease human’s work in the future. Food delivery-line follower robot is a robot that is created​​ to replace the role of a waiter in a restaurant. This robot has the ability to deliver foods automatically. This reasearch using 4 pairs of LED and photodiode, a motor driver used to control 2 DC motors, 2 relay drivers to control DC motor for laying the food, ISD17240 module to produce sounds and the ATMEGA 16 microcontroller as the brain of this robot. The C Code Vision AVR is used as the Programming Language. This research produce a robot that can deliver foods up to two destination table by following a track of black line. Time needed to get to the second table is longer than to the first table because of the track length differences. Thus, this Food Delivery-Line Follower robot can function properly. Keywords: DI-Smart AVR, food delivery Robot, line follower, Microcontroller ATMega 16 Abstrak-- Perkembangan teknologi dan otomasi industri mendorong manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan cepat. Sehingga dikembangkan teknologi robotika untuk membantu dan meringankan pekerjaan manusia di masa depan. Robot pengantar makanan line follower merupakan robot yang diciptakan untuk menggantikan peran seorang pelayan di restoran. Robot ini memiliki kemampuan untuk mengantarkan makanan secara otomatis. Penelitian ini menggunakan 4 pasang led dan photodiode, driver motor untuk mengendalikan 2 buah motor DC, 2 buah driver relay untuk mengendalikan motor DC untuk peletakan makanan, modul ISD17240 untuk menghasilkan suara dan mikrokontroler ATMEGA 16 sebagai otak pada sistem robot ini. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C Code vision AVR. Penelitian ini menghasilkan robot yang dapat mengantarkan makanan menuju 2 meja tujuan dengan mengikuti lintasan berupa garis berwarna hitam. Waktu yang ditempuh untuk menuju ke meja kedua lebih lama dibandingkan menuju ke meja pertama karena perbedaan panjang lintasan. Dengan demikian secara keseluruhan sistem pada robot pengantar makanan ini dapat berfungsi dengan baik. Kata Kunci : DI-Smart AVR, Line follower, Mikrokontroler ATMega 16, Robot pengantar makanan.
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-09
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3727
10.35793/jtek.v3i1.3727
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 1-10
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3727/3251
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/3764
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
Perancangan dan Implementasi Sistem Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi di Gereja Mawar Sharon Manado
Sarite, Jeine E.
Lumenta, Arie S.M.
Sugiarso, Brave A.
Abstrack - Such rapid technological developments both in the field of computers or other, inevitably requires us to master the technology. Such rapid development of computers over the years also requires us to understand the technology. In the management of praise and worship team schedule still using manual systems ranging from recording the name, manage schedules so that there are many errors see the reality of the church in need of a new system, the authors make the program processing schedules and admin can set the schedule online via the internet. Where the program is easy to use, helps the admin to manage the schedule and would like to introduce information technology advances to the church. This application combines the computer network systems and web-based database.r Keywords : Database, Computer, Information and Communication Technologies (ICT), online schedule . Abstrak - Perkembangan teknologi yang demikian cepat baik dibidang komputer maupun dibidang lainnya, mau tidak mau mengharuskan kita agar menguasai teknologi tersebut. Perkembangan komputer yang demikian pesat dari tahun ke tahun juga mengharuskan kita agar memahami teknologi tersebut. Dalam pengelolaan jadwal tim praise and worship masih menggunakan sistem manual mulai dari pencatatan nama, mengelolah jadwal sehingga terjadi banyak kesalahan melihat kenyataannya gereja membutuhkan sistem yang baru, penulis membuat program pengolahan jadwal dan admin bisa mengatur jadwal secara online melalui internet. Dimana program tersebut digunakan dengan mudah, membantu admin untuk mengelolah jadwal serta ingin memperkenalkan kemajuan teknologi informatika kepada jemaat. Program aplikasi ini memadukan antara jaringan komputer dengan sistem basis data dan berbasis web. Kata Kunci     :   Basis data, Jadwal online, Komputer, Teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-09
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3764
10.35793/jtek.v3i1.3764
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 16-27
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3764/3287
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/3772
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
Pengendali Saklar Listrik Melalui Ponsel Pintar Android
Masinambow, Vidy
Najoan, Meicsy E.I
Lumenta, Arie S.M.
Abstract—With the development of technology such as smart phones that are already widely owned as well as the development of network technology can be used to overcome the problem of electricity consumtion. Electrical switches can be replaced by using the equipment controlled through a relay and network-based mikrokontler equipment so that it can connect to the smart phones which is mounted control program will be used to resolve the issue.Presence wifi shield equipment that can communicate with the microcontroller through serial communication so that information in the form of commands on / off switch that is sent from a smart phone with wireless connection to the equipment shield is a choice of solutions to address the replacement power switch.From the experimental results with the use of such technology, the Android-based smart phones that installed the control program can turn off the power switch or turn on electrical appliances from a considerable distance (as far as wifi connection is available).  Keywords: Android Smartphone, Electrical Switches,Microcontroller, Relays, Wifi Shield Abstrak- Dengan perkembangan teknologi seperti ponsel pintar yang sudah banyak dimiliki orang serta perkembangan teknologi jaringan dapat digunakan untuk mengatasi masalah penghemataan listrik. Saklar listrik dapat diganti dengan menggunakan peralatan relay dan dikendalikan melalui peralatan mikrokontroler berbasis jaringan sehingga dapat terhubung ke ponsel pintar yang sudah terpasang program pengendali akan digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Adanya peralatan WifiShield yang dapat berkomunikasi dengan mikrokontroler melalui komunikasi serial sehingga informasi berupa perintah on/off saklar yang dikirim dari ponsel pintar dengan koneksi wirelesske peralatan wifishieldmerupakan pilihan solusi untuk mengatasi pengganti saklar listrik. Dari hasil percobaan denganmenggunakan teknologi tersebut, ponsel pinter berbasis androidyang terpasang program pengendali saklar listrik dapat mematikan atau menghidupkan peralatan listrik dari jarak yang cukup jauh (sejauh koneksi wifi yang tersedia). Kata kunci: Mikrokontroler, Ponsel Pintar Android,Relay, Saklar Listrik, WifiShield.
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-09
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3772
10.35793/jtek.v3i1.3772
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 27-35
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3772/3295
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/3773
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
Rancang Bangun Sistem Keamanan Motor Dengan Pengenalan Sidik Jari
Oroh, Joyner R.
Kendekallo, Elia
Sompie, Sherwin R. U. A.
Wuwung, Janny O.
Abstrak - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin meningkat terutama di bidang elektronika, banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari perkembangan elektronika tersebut akan tetapi makin berkembangnya teknologi, makin banyak pula tindak kriminal, diantaranya pencurian motor. Dari permasalahan ini, dibuat system keamanan motor melalui pengenalan sidik jari. Sistem yang dibuat menggunakan sensor sidik jari Sm630 sebagai input untuk mendeteksi sidik jari dari pengguna sepeda motor. System ini juga didukung oleh kit arduino uno dengan mikrokontroler ATmega328 sebagai otak untuk mengolah data dari sensor sidik jari ke LCD, sepeda motor dan alarm. Dari pembuatan system ini, dapat disimpulkan bahwa, Hanya akan ada lima pengguna yang dapat mengakses sepeda motor dan system akan menghidupkan alarm saat ada sidik jari yang tidak sesuai menempel pada sensor karena sensor hanya akan berkomunikasi dengan sidik jari yang tersimpan dalam database sensor.  Kata kunci:    Arduino, ATmega 328, keamanan, sidik jari  Abstract - Developments in science and technology is increasing , especially in the field of electronics , many benefits can be gained from the development of the electronics but the growing technology the more criminal offenses, including theft of a motor. Of this problem, made motorcycle security system through fingerprint recognition. The system is made using a fingerprint sensor Sm630 as input to detect fingerprints of motorcycle users. This system is also supported by the kit with Arduino uno ATmega328 microcontroller as the brain to process the data from the fingerprint sensor to the LCD, motorcycle and alarms. Of making this system, it can be concluded that, there will be only five users can access and motorcycle alarm system will turn on when there is no corresponding fingerprint sensor because the sensor attaches to will only communicate with fingerprint sensors are stored in the database .  Key words:    Arduino,ATmega 328,  finger print, security
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-11
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3773
10.35793/jtek.v3i1.3773
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 36-42
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3773/3296
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/3774
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
E-tourism Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara
Pangalila, Stefan F.
Lumenta, Arie S.M.
Tuturoong, Nancy J.
Abstract - One very big in the presentation of information today is the need for the media information that is often used by the general public, companies, and state agencies. Crate Tobelo town which is a tourist spot that is not yet fully known to outsiders about the beauty of the tourist spot. Web programming has grown rapidly with many advantages that can be accessed diberbagi no such place. E-tourism Tobelo City North Halmahera using extreme programming as a methodology that includes plenning, design, coding, release. The results of this study lead to the conclusion. With the E-tourism Tobelo City North Halmahera then the tourists can be easier to search for information about KotaTobelo. The tourists get to know the culture in City Tobelo. The tourists are easier to get to know and know the language Tobelo City. Keywords :E-tourism, extreme programming, information, travel. Abstrak - Salah satu yang sangat besar dalam penyajian informasi sekarang ini adalah kebutuhan akan media informasi yang sering dipakai oleh masyarakat umum, perusahaan, dan instansi-instansi negara. Sepeti Kota Tobelo yang merupakan tempat wisata yang belum sepenuhnya dikenal pihak luar mengenai keindahan tempat wisatanya. Pemrograman web telah berkembang dengan pesat dengan banyak kelebihan yang ada seperti bisa diakses diberbagi tempat. E-tourism Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara menggunakan extreme programming sebagai metodologi yang mencakup plenning, design, coding, rilis. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan. Dengan adanya E-tourism Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara maka para wisatawan dapat lebih mudah untuk mencari informasi tentang KotaTobelo. Para wisatawan lebih mengenal kebudayaan yang ada di Kota Tobelo. Para wisatawan lebih mudah untuk lebih mengenal dan mengetahui bahasa Kota Tobelo. Kata kunci :E-tourism, extreme programming,informasi, wisata.
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-11
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3774
10.35793/jtek.v3i1.3774
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 43-55
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3774/3297
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/3780
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
Identifikasi Manfaat dan Analisa Investasi Pada Perusahaan Software House (Studi Kasus PT. XYZ)
Kapoyos, Karen V. L.
Robot, Jimmy R.
Sugiarso, Brave A.
Abstract - The development of technology is now affecting every human activity, makes the job so much easier. Investment feasibility analysis is one way to simplify the calculation of the business to determine the feasibility of running a business, whether it's new or temporary will be implemented. Investment feasibility analysis in this paper uses investment criteria of Net Present Value (NPV), Payback Period (PP), and Internal Rate of Return (IRR). But before doing the calculation, we have to analyze the data that used to be used in the calculation of the investment. From the calculation, the value obtained in accordance with the criteria used and the requirements specified in each of the criteria : Net Present Value (NPV) is positive or >0 Rp.11,585,527,903, Payback Period (PP) gained 9.8 standard in 5 years <5 years, the Internal Rate of Return (IRR) of >40% is 209%. Thus, concluded the business is acceptable. Keywords : Feasibility Analysis, Internal Rate of Return, Investment, Net Present Value, Payback Period. Abstrak - Perkembangan teknologi saat ini sudah mempengaruhi setiap aktifitas manusia, membuat pekerjaan jadi lebih mudah. Analisa kelayakan investasi adalah salah satu cara mempermudah perhitungan bisnis untuk mengetahui kelayakan dalam menjalankan suatu bisnis, apakah itu baru akan atau sementara dilaksanakan. Analisa kelayakan investasi dalam tulisan ini menggunakan kriteria investasi Net Present Value (NPV), Payback Periode (PP), dan Internal Rate of Return (IRR). Namun sebelum melakukan perhitungan, kita harus menganalisis data yang digunakan untuk bisa dipakai dalam perhitungan investasi. Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai sesuai dengan kriteria yang digunakan dan dengan syarat yang ditentukan pada masing-masing kriteria, yaitu: Net Present Value (NPV) bernilai positif atau >0 Rp. 11.585.527.903, Payback Periode (PP) standart 5 tahun diperoleh 9,8 bulan <5 tahun, Internal Rate of Return (IRR) >40% yaitu 209%. Dengan demikian, disimpulkan bisnis dapat diterima. Kata kunci : Analisa Kelayakan, Internal Rate of Return, Investasi, Net Present Value, Payback Periode.
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-11
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3780
10.35793/jtek.v3i1.3780
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 56-64
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3780/3303
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/3827
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
Perancangan Kendali Lampu Berbasis Android
Warangkiran, Immanuel
Kaunang, Sumenge T.G.
Lumenta, Arie S.M.
Rumagit, Arthur M.
Abstract Smartphone with android operation system are getting more available in the markets with quite low price. Android operation system it self has open source operation system which can be modified. This boosts the interest of creating software to fill in the needs of the people in everyday life. The aim of this last project is to create and implimate to control lamps that can be switch on or off from a smartphone based on android by using wireless LAN and to make android as multifunction cellular, not only as telecomunication device but as a device that can control any hardware. Based on the final experiment the system work well. The application lamps control can be applied in the operation system android, and can be controlled to switch on or switch off the hard drives in this case three lamps. The communication between the hard drives lamps and the smartphone android worked well. The range of the application system can control the hard drives lamps, it depends on the specification of the wireless tools between the receiver and the sender. Keywords: Android, Lamp, Smartphone, Wireless LAN. Abstrak Smartphone dengan sistem operasi Android semakin banyak tersedia di pasaran dengan harga yang semakin terjangkau. Sistem operasi Android sendiri bersifat sistem operasi open source yang dapat dimodifikasi sesuai dengan keperluan. Hal ini menumbuhkan minat untuk dapat membuat perangkat lunak yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Dalam Tugas Akhir ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan, yaitu mengontrol lampu, mengaktifkan dan menonaktifkannya lewat smartphone berbasis android dengan memanfaatkan Wireless LAN dan menjadikan android sebagai perangkat selular yang multifungsi, di samping alat komunikasi tapi juga sebagai perangkat yang dikomunikasikan untuk mengendalikan sebuah perangkat keras. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan. Program aplikasi Lampu Control yang dibuat dapat dijalankan di sistem operasi Android, dan dapat mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat driver lampu, dimana memakai 3 buah lampu. komunikasi data antara perangkat driver lampu dengan smartphone android berjalan dengan baik, Jarak jangkau sistem aplikasi kendali dapat mengontrol perangkat driver lampu tergantung spesifikasi perangkat wireless yang digunakan baik dari sisi penerima dan pengirim. Kata kunci:  Android, Lampu, Smartphone, Wireless LAN.
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-11
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3827
10.35793/jtek.v3i1.3827
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 65-72
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/3827/3345
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4049
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
Perancangan PC Cluster Untuk Render Animasi 3D
Malubaya, Brian W.K.
Rumagit, Arthur M.
Lumenta, Arie S.M.
Sugiarso, Brave A.
Abstract Technology is very important role in human life from day to day. Technology has become part of human beings themselves that they cannot be separated. In its scope computerized, processor the data quickly and accurately is needed as a function of time. PC cluster is one of the answers from the statements upstairs. This cluster system allows some computers work together that are connected by a network of local so that resolving the issue can be shortened especially for completion of problem solving a large scale. Rendering is a process of transformation into a picture, models of geometry this process eat quite a long time. To address the problem of pc clusters implemented in this case. Cluster used for rendering called renderfarm by the force arising yadra as middleware. By doing so can be detected the time difference rendering use single computer and pc clusters. Having performed testing then he got that rendering use of pc clusters with 5 slaves faster 60% than single computer. By doing so, we need the further research for subsequent development. keywords:Â cluster, render, renderfarm, yadra. Abstrak Teknologi sangat penting perannya dalam kehidupan manusia dari hari ke hari. Teknologi telah menjadi bagian dari manusia itu sendiri yang tak dapat dipisahkan. Dalam ruang lingkup komputerisasi, pemroses data yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan seiring berjalannya waktu. PC cluster adalah salah satu jawaban dari pernyataan diatas. Sistem cluster ini memungkinkan beberapa komputer bekerja secara bersama yang dihubungkan oleh jaringan lokal sehingga penyelesaian masalah dapat dipersingkat terutama untuk penyelesaian masalah skala besar. Rendering adalah suatu proses pengubahan model geometri menjadi sebuah gambar, proses ini memakan waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi masalah tersebut PC cluster diimplementasikan dalam kasus ini. Cluster yang digunakan untuk render disebut Renderfarm denga yadra sebagai middleware. Dengan begitu dapat diketahui perbedaan waktu render menggunakan single computer dan PC cluster. Setelah dilakukan pengujian maka didapatkan bahwa rendering menggunakan PC cluster 5 slave lebih cepat sekitar 60% dibandingkan dengan single computer. Dengan begitu maka perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk pengembangan selanjutnya. Â kata kunci:Â cluster, render, renderfarm, yadra.
Universitas Sam Ratulangi
2014-03-07
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4049
10.35793/jtek.v3i1.4049
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 73-80
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4049/3565
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4050
2022-02-14T22:10:42Z
elekdankom:ART
Desain dan Implementasi Sistem Absensi Fingerprint di Jaringan Kampus dan Terintegrasi Dengan Sistem Informasi Terpadu UNSRAT
Ngantung, Karthika A.
Najoan, Meicsy E.I
Sugiarso, Brave A.
Paturusi, Sary D.E.
Abstract Improvements of discipline in the workplace is one of the deciding factors in the quality of Sam Ratulangi University, where attendance has become the main indicator of discipline. Currently, staff have been able to tamper with the attendance records by asking a colleague to sign the attendance record for them. They then sk     ip work and leave their responsibilities. The best solution to address the problem is to provide a fingerprint-based attendance system. With an efficient fingerprint-based attendance system on campus, staff can no longer manipulate attendance record the way they have been doing because every person has a different fingerprint. The system has proved to yield more accurate attendance record and prevents tampering. The design and implementation of this fingerprint-based attendance system is done on top of Unsrat’s network and integrated into Unsrat’s information system. This is done to simplify supervision of the staff. The system also exponentially improves efficiency on attendance record recaps compared to the manual system. Keywords : Attendance Record, Fingerprint, Network, Unsrat Integrated Information System. Abstrak Peningkatan disiplin kerja merupakan salah satu faktor pembentukan mutu pendidikan di Universitas Sam Ratulangi dimana masalah absensi sangat berpengaruh dalam peningkatan kedisiplinan. Saat ini pegawai masih sering memanipulasi absensi dengan menitipkan tanda tangannya ke pegawai yang lain sehingga pegawai tersebut cenderung bolos kerja dan tidak melaksanakan tanggung jawabnya dengan maksimal. Untuk itu perlu solusi yang baik dalam menanganinya yaitu dengan membangun sebuah sistem absensi sidik jari. Dengan adanya sistem absensi sidik jari yang efisien di jaringan kampus, pegawai tidak bisa lagi menitipkan tanda tangannya karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda. Hasil dari pembuatan sistem ini adalah absensinya lebih akurat dan meminimalisir manipulasi absensi. Desain dan implementasi sistem absensi sidik jari ini dilakukan di jaringan kampus yang diintegrasikan dengan sistem informasi terpadu Unsrat hal mana dapat mempermudah pengontrolan absensi para pegawainya. Selain itu sistem absensi ini lebih praktis karena pencarian absen hanya melalui ID dan lebih hemat waktu berkali lipat dibandingkan sistem manual yang sebelumnya dimana rekapitulasi absensi bisa dilihat sesuai dengan rentang waktu yang diinginkan. Kata Kunci   : Jaringan, Sidik Jari, Sistem Absensi, Sistem         Informasi Terpadu Unsrat.
Universitas Sam Ratulangi
2014-03-07
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4050
10.35793/jtek.v3i1.4050
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 81-86
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4050/3666
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4057
2022-02-14T22:10:42Z
elekdankom:ART
Sistem Informasi Pengarsipan Berbasis Web Di Kantor Jurusan Teknik Elektro Unsrat
Korowotjeng, Imanuel
Sengkey, Rizal
Paturusi, Sary D. E.
Tuturoong, Nancy J.
Abstract - Archive is one of the resources that have important functions to support the administration and management of an agency. All activities performed by the agency, whether it be proposals, correspondence and other documents will be archive. The recorded information is also evidence and memory for the agency concerned. Archives need to be laid out well with the computerized records management to establish an effective, efficient, and productive. Keywords : archive, computerized, documentation, internet networks, web applications. Abstrak - Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang memiliki fungsi penting untuk menunjang proses kegiatan administrasi dan manajemen sebuah instansi. Semua kegiatan yang dilakukan oleh instansi, baik itu berupa proposal, surat-menyurat maupun dokumen-dokumen lain akan menjadi arsip. Informasi yang terekam tersebut merupakan bukti dan juga memori bagi instansi yang bersangkutan. Arsip perlu ditata dengan baik dengan komputerisasi untuk membangun manajemen arsip yang efektif, efisien, dan produktif. Kata kunci : aplikasi web, arsip, dokumentasi, jaringan internet, komputerisasi.
Universitas Sam Ratulangi
2014-03-08
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4057
10.35793/jtek.v3i1.4057
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 98-109
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4057/3573
Copyright (c) 2022 Imanuel Korowotjeng, Rizal Sengkey, Sary D. E. Paturusi, Nancy J. Tuturoong
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4060
2022-02-14T21:32:37Z
elekdankom:ART
E-destination Pariwisata Kota Ternate
Hizbullah, Imam
Lumenta, Arie S.M.
Lantang, Oktavian A.
Robot, Jimmy S.
Abstract - Tourism is a very promising industry in the midst of regional autonomy that demands every area to develop the potential of the resources the area have.The city of ternate  is inseparable from optimization of the resources the city owned, one of said resources is tourism, which is the most potent . The concept of e-destination isof one of applicable utilization  information technology in the tourism industry and media promotion of effective and efficient in introducing a broadly tourism potential. . By applying the concept of e-destination, one can  provide convenience to visitors in trip planning and decision-making process before and during the stay in the town of Ternate. This research resulted in a design and design of information systems by applying the concept of e-tourism destination for the city of Ternate. Keywords : Decision Support , e-Destination, Tourism, Ternate City. Abstrak - Pariwisata menjadi industri yang sangat menjanjikan di tengah otonomi daerah yang memaksa setiap daerah untuk mengembangkan potensi dari sumberdaya yang di miliki daerah tersebut. Kota ternate sendiri tidak terlepas dari pengoptimalisasi sumberdaya yang di miliki, potensi pariwisata di antaranya menjadi salah satu yang sedang dikembangkan. Konsep e-destination merupakan salah satu pemaanfaatan teknologi informasi di industri pariwisata dan media promosi yang efektif dan efisien dalam memperkenalkan secara luas potensi wisata suatu. . Dengan menerapkan konsep e-Destination depat memberikan kemudahan kepada pengunjung dalam perencanaan perjalanan dan proses pengambilan keputusan sebelum dan selama tinggal di kota ternate. Penelitian ini menghasilkan suatu rancangan dan desain sistem informasi dengan menerapkan konsep e-destination untuk pariwisata kota Ternate. Kata kunci : e-Destination, Kota Ternate, Pariwisata, Pengambilan keputusan.
Universitas Sam Ratulangi
2014-03-08
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4060
10.35793/jtek.v3i2.4060
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 86-96
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4060/3576
Copyright (c) 2022 Imam Hizbullah, Arie S.M. Lumenta, Oktavian A. Lantang, Jimmy S. Robot
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4062
2022-02-14T22:10:42Z
elekdankom:ART
Pembuatan Aplikasi Benchmarking Perambah Web Mobile
Rompis, Anugerah C.
Wowor, Hans F.
Lumenta, Arie S.M.
Tulenan, Virginia
Abstract – With Android developing into the most used operating system in the world, various software developers produce various web browsers for Android. To measure the performance of the browsers, the author develops an web browser benchmarking application. The author develops the application using PHP programming language and supported by MySQL database management system using extreme programming methodology. The application measures web page rendering speed, tests the browser’s HTML5 video playback capability, and measures the browser’s JavaScript performance. Keywords:     benchmark, browser, extreme programming, HTML, JavaScript, mobile device, performance, PHP, web. Abstrak – Dengan berkembangnya sistem operasi Android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, berbagai pengembang perangkat lunak mengembangkan berbagai perambah web untuk Android. Untuk mengukur kinerja berbagai perambah web, maka penulis membangun aplikasi benchmarking perambah web. Penulis mengembangkan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan didukung sistem basis data MySQL memakai metode extreme programming. Aplikasi tersebut dapat mengukur kecepatan render halaman web, menguji kemampuan pemutaran video HTML5, serta mengukur kinerja JavaScript Kata kunci:  benchmark, extreme programming, HTML, JavaScript, perambah web, perangkat mobile, kinerja, PHP, web.
Universitas Sam Ratulangi
2014-03-08
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4062
10.35793/jtek.v3i1.4062
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 110-119
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4062/3577
Copyright (c) 2022 Anugerah C. Rompis, Hans F. Wowor, Arie S.M. Lumenta, Virginia Tulenan
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4285
2022-02-14T22:10:41Z
elekdankom:ART
Perbandingan Metode Pencarian Depth-First Search, Breadth-First Search Dan Best-First Search Pada Permainan 8-Puzzle
Lumenta, Arie S. M.
Metode pencarian yang banyak diterapkan dan digunakan pada sistem dengan kecerdasan buatan adalah Depth-First Search, Breadht-First Search dan Best-First Search. Dalam tulisan ini akan membandingkan penerapan ke-tiga metode pencarian tersebut diatas pada permainan 8-puzzle. Untuk melakukan perbandingan, dibuat program 8-puzzle menggunakan bahasa pemrograman Basic yang diterapkan pada Microsoft Visual Basic Kata kunci: Depth-First Search, Breadht-First Search dan Best-First Search, 8-puzzle
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-21
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4285
10.35793/jtek.v3i1.4285
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 11-16
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4285/3814
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4290
2022-02-14T22:10:42Z
elekdankom:ART
Perancangan Dan Simulasi Perangkat Lunak Sistem Kontrol Lift
Lumenta, Arie S. M.
Pada perangkat sistem lift, perangkat lunak memegang peranan yang penting terhadap pengoperasian lift tersebut. Ketidaktepatan kerja lift terutama disebabkan oleh adanya kesalahan perangkat lunak yang terdapat pada perangkat kerasnya. Perangkat lunak tersebut berfungsi sebagai kontrol penentu keputusan termasuk didalamnya kontrol motor penggerak sistem lift. Untuk itu dalam pembuatan perangkat lunak kontrol lift, perancangan perangkat lunak menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kesalahan pemrogrmanan. Setelah itu untuk memastikan bahwa hasil rancangan sudah benar, perlu juga disimulasikan terlebih dahulu. Kedua hal tersebut dilakukan sebelum perangkat lunak yang dibuat di-embedded-kan pada sistem lift Kata kunci: Lift, finite state machine, sistem kontrol lift, visual basic
Universitas Sam Ratulangi
2014-02-21
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4290
10.35793/jtek.v3i1.4290
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 87-97
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4290/3819
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4448
2022-02-14T21:32:37Z
elekdankom:ART
Simulasi Sistem Pengacak Sinyal Dengan Metode FFT (Fast Fourier Transform)
Sipasulta, Reonaldo Y.
Lumenta, Arie S.M.
Sompie, Sherwin R.U.A.
Abstract--In the world of engineering, signals is a magnitude that changed by the time and space as well as bring some information. According to the ITU ( International Telecommunication Union), the signal is a physical phenomenon in which one or more of its characteristics typify information. With a sound signal we can deliver an information easily. However, In this study will be conducted randomization of a sound signal that we want to convey this information only be accepted by the people we want. The process of voice recording is record by using the internal microphone of the PC and for signal processing I used MATLAB program . The method used is the Fast Fourier Transform to randomize and transform voice signals in the time domain into voice signals in the frequency domain. After recording the voice signals, the randomization step will be done to make the information that we send can not be heard by the others except our destiny. Based on the testing, this system can randomize all kinds of voices that recorded in intervals of 3 seconds . This study is only a simulated system through matlab . Keywords: Fast Fourier Transform, MATLAB, Randomization voice signals, signal Absrtak--Dalam dunia keteknikan, sinyal merupakan besaran yang berubah dalam waktu dan atau dalam ruang serta membawa suatu informasi. Menurut ITU (International Telecommunication Union), sinyal merupakan suatu gejala fisika dimana satu atau lebih dari karakteristiknya melambangkan informasi. Dengan sinyal suara kita dapat menyampaikan sebuah informasi dengan mudah. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengacakan sebuah sinyal suara sehingga informasi yang ingin kita sampaikan hanya akan diterima oleh tujuan yang kita inginkan. Perekaman suara dilakukan dengan menggunakan microphoneinternal dari PC. Untuk pengolahan sinyal digunakan program MATLAB. Metode yang digunakan adalah Fast Fourier Transform untuk mengacak dan mentransformasikan sinyal suara dalam domain waktu menjadi sinyal suara dalam domain frekuensi. Setelah dilakukan perekaman suara maka akan dilakukan pengacakan sinyal untuk membuat informasi yang kita kirimkan tidak dapat didengarkan oleh siapapun selain tujuan kita. Berdasarkan pengujian, sistem ini dapat mengacak semua jenis suara yang direkam dalam interval waktu 3 detik.Penelitian ini hanya berupa sistem yang disimulasikan lewat matlab. Kata Kunci :Fast Fourier Transform, MATLAB, Pengacakan sinyal suara, sinyal
Universitas Sam Ratulangi
2014-05-06
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4448
10.35793/jtek.v3i2.4448
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 1-9
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4448/3976
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4452
2022-02-14T21:32:37Z
elekdankom:ART
Rancang Bangun Audio Mixer Yang Dilengkapi Dengan Desibel Peak Meter
Rehena, Novten S.E.
Mamahit, Dringhuzen J.
Wuwung, Janny O.
Narasiang, Benefit S.
Abstract - Audio mixer is a technical field related to electrical equipment which is used to mix and set the level balance of voice signal from each equipment input channel so the sound harmonization resulted can be reached. The inefficiency which often happened when the amplifier of every voice signal source, whether it’s from the singer or music equipment in a concert makes the music harmonization cannot be reached. Not only that, the other problem is when the sound engineer and soundman arrange the sound system to harmonize the sounds, it becomes more complicated. According to those problems, the writer used the principle of operational amplifier as amplifier, comparator and adder to design and to make audio mixer equipment which is integrated with decibel peak meter. The decibel peak meter placed in every input channel of audio mixer is used to measure the level of sound signal resulted so we can solve the clipping troubleshoot then the sound with good quality can be produced. By using this audio mixer, the audio system in a music concert can be minimized. Besides, the gain level which produced can be measured through the peak meter in every channel. It makes us can solve the clipping occurred early so the sound with good quality can be produced.  Key word: Audio Mixer, Channel, Clipping, Decibel (dB), Peak Meter, Soundman, Sound Engineer. Abstrak - Teknologi audio mixer adalah suatu bidang teknik yang berkaitan dengan peralatan yang berfungsi sebagai pencampur dan pengatur keseimbangan level sinyal suara dari tiap masukan peralatan suara agar harmonisasi dari suara yang dihasilkan dapat tercapai.Ketidakefisien yang sering terjadi ketika masing-masing amplifier digunakan untuk menguatkan setiap bagian sumber suara, baik dari suara vokal penyanyi maupun peralatan musik yang dimainkan pada suatu konser musik membuat tidak tercapainya harmonisasi musik. Bukan hanya itu saja, hal lain yang ditimbulkan adalah meningkatnya tingkat kerumitan bagi para sound engineer dan soundman dalam mengatur peralatan sound dan mengatur harmonisasi bunyi dari peralatan musik yang dimainkan.Berdasarkan masalah tersebut, penulis memanfaatkan prinsip kerja Operational Amplifier sebagai penguat, pembanding dan penjumlah untuk merancang dan membuat peralatan audio mixer yang dilengkapi dengan alat ukur desibel (dB) peak meter. Alat ukur desibel (dB) peak meter yang ditempatkan pada tiap keluaran channel pada audio mixer bertujuan untuk mengukur level sinyal suara yang dihasilkan sehingga kita dapat segera mengatasi masalah kliping sinyal agar suara yang dihasilkan berkualitas.Dengan adanya alat audio mixer ini, maka pemakaian perangkat audio pada suatu pertunjukan konser musik dapat diminimalisasikan dan dengan adanya peak meter pada tiap channel, maka level penguatan yang dihasilkan dapat diukur sehingga apabila terjadi kliping maka kita dapat segera mengatasinya agar suara yang dihasilkan berkualitas. Kata kunci: Audio Mixer, Channel, Desibel (dB), Klipping, Peak Meter, Soundman, Sound Engineer.
Universitas Sam Ratulangi
2014-05-06
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4452
10.35793/jtek.v3i2.4452
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 10-18
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4452/3980
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4454
2022-02-14T21:32:37Z
elekdankom:ART
Analisa Pertumbuhan Beban Terhadap Ketersediaan Energi Listrik di Sistem Kelistrikan Sulawesi Selatan
Putra, Chandra P.
Tuegeh, Maickel
Tumaliang, Hans
Patras, Lily S.
Abstrack-- In the electrical system the forecast strategy on load growth and power supply is needed , since the need of the electrical energy will growth continuously each year. The population growth and economic factors of a region are believed to be the triggering factors to increasing consumption of electrical energy in the area. These conditions must be anticipated as early as possible so that the availability of electrical energy can be provided in sufficient quantity. This final project aims to scheme the number of customer electrical energy, electrical energy needs, the production of electric energy and peak load, in South Sulawesi 2013 to 2017 by using the software LEAP (Long-range Energy Alternatives Planning System). Furthermore, determine the schedule when supplementary generation capacity of electric energy supply shortage based on the projected results, and examine potential sources of primary energy in South Sulawesi. The results of the schemed amount of electricity customers in South Sulawesi is constantly increasing from 2013 - 2017, with average growth is 6.12 percent per year, the increasing of customer is 1,566,389.75 in 2013 to 1,986,773.15 in 2017, the average consumption growth of electrical energy during the period by 12.95 percent per year, with a total consumption in 2017 amounted to 6,513,880.42 MWh. Projected production of electric energy is also increased according to the increase in electrical energy consumption with average growth 13.1 percent per year or a total of 7,336,253.33 MWh in 2017. Results of peak load growth projected average is 12.98 percent per year, the total electric energy needs in 2017 amounted to 1,323.02 MW. Based on a projection of the electrical energy needs in South Sulawesi for 2013 - 2017, to be able to fulfill electrical energy needs in 2017, the planned generator capacity expansion scheduled to be done gradually from 2014 to 2016, with the plan to increase generating capacity to 330 MW. South Sulawesi has a lot of potential primary energy that can be used as an alternative power plant development, including: water energy that can be harnessed into reach 1,835.8 MW hydro and micro power of 68.84 MW, natural gas reserves amounted to 377.3 BSCF measured, measured reserves of coal with 5.2 million tons and geothermal capacity reaches 1,950 MW. Key words :   Electrical energy, Electrical energy needs, LEAP, The availability of electrical energy, Potential primary energy Abstrak-- Dalam sistem kelistrikan strategi perkiraan pertumbuhan beban dan penyediaan daya sangat dibutuhkan, dikarenakan kebutuhan masyarakat akan energi listrik terus bertumbuh setiap tahunnya. Disamping pertumbuhan penduduk, faktor ekonomi suatu daerah juga diyakini sebagai salah satu faktor pemicu meningkatnya konsumsi energi listrik di daerah tersebut. Kondisi ini tentunya harus diantisipasi sedini mungkin agar ketersediaan energi listrik dapat tersedia dalam jumlah yang cukup. Tugas akhir ini bertujuan untuk memproyeksikan jumlah pelanggan energi listrik, kebutuhan energi listrik, produksi energi listrik dan beban puncak, di Sulawesi Selatan tahun 2013 sampai tahun 2017 menggunakan perangkat lunak LEAP (Long-range Energy Alternatives Planning System). Selain itu, akan ditentukan jadwal penambahan kapasitas pembangkit bila terjadi kekurangan pasokan energi listrik sesuai dengan hasil proyeksi, serta mengkaji potensi sumber energi primer yang ada di Sulawesi Selatan. Hasil proyeksi jumlah pelanggan energi listrik di Sulawesi Selatan terus mengalami peningkatan dari tahun 2013 – 2017 , dengan pertumbuhan rata – rata sebesar 6.12 persen per tahun atau meningkat dari 1,566,389.75 pelanggan pada tahun 2013 menjadi 1,986,773.15 pelanggan pada tahun 2017, pertumbuhan rata – rata konsumsi energi listrik selama periode tersebut sebesar 12.95 persen per tahun dengan total konsumsi pada tahun 2017 sebesar 6,513,880.42 MWh. Proyeksi produksi energi listrik juga meningkat sesuai dengan peningkatan konsumsi energi listrik dengan pertumbuhan rata – rata 13.1 persen per tahun atau sebesar 7,336,253.33 MWh pada tahun 2017. Hasil proyeksi beban puncak bertumbuh rata – rata 12.98 persen per tahun, dengan total kebutuhan energi listrik pada tahun 2017 sebesar 1,323.02 MW. Berdasarkan hasil proyeksi kebutuhan energi listrik Sulawesi Selatan tahun 2013 – 2017, untuk dapat memenuhi kebutuhan energi listrik sampai tahun 2017, maka direncanakan penambahan kapasitas pembangkit dijadwalkan dilakukan secara bertahap dari tahun 2014 sampai tahun 2016, dengan rencana penambahan kapasitas pembangkit sebesar 330 MW. Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak potensi energi primer yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengembangan pembangkit listrik, diantaranya: energi air yang dapat dimanfaatkan menjadi PLTA mencapai 1,835.8 MW dan PLTM sebesar 68.84 MW, gas alam dengan cadangan terukur sebesar 377.3 BSCF, batu bara dengan cadangan terukur 5.2 juta ton dan panas bumi dengan kapasitas mencapai 1,950 MW.  Kata Kunci : Energi listrik, Kebutuhan energi listrik, Ketersediaan energi listrik, LEAP, Potensi energi primer
Universitas Sam Ratulangi
2014-05-06
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4454
10.35793/jtek.v3i2.4454
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 19-30
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4454/3982
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4494
2022-02-14T21:32:37Z
elekdankom:ART
Kontrol Optimal pada Balancing Robot Menggunakan Metode Linear Quadratic Regulator
Sumanti, Juliana
Lumenta, Arie S.M.
Pang, David
Abstrak - Balancing robot is a mobile robot that has wheels on its left and right sides which construction is unstable and must be actively balanced to stay upright. Balancing robot is a development from the reverse-pendulum model which is then put on wheels. To control the balancing robot’s system, Linear Quadratic Regulator (LQR) method is used as a feedback, which is simulated using MATLAB’s simulink program. The analysis and simulations yields optimum results at weight matrix values , , and . System’s cart settling time is at 3.8 seconds with stability at 0.063 meter and 4 seconds for the pendulum. Delay time for the cart is at 1.8 seconds. Keywords: Balancing Robot, MATLAB, Optimal, Simulink, Time Abstrak - Balancing robot merupakan suatu robot mobile yang memiliki roda disisi kanan dan kirinya yang tidak stabil dan harus diseimbangkan secara aktif untuk menjaganya tetap tegak. Balacing robot merupakan pengembangan dari model pendulum terbalik yang diletakkan diatas kereta beroda. Untuk mengontrol sistem balancing robot digunakan metode kontrol Linear Quadratic Regulator (LQR) sebagai umpan balik yang disimulasikan menggunakan program simulink MATLAB. Dari hasil analisa dan simulasi diperoleh kesimpulan hasil yang paling optimal pada nilai matriks bobot , dan . Respon sistem mencapai keadaan optimal (settling time) untuk cart 3.8 detik dengan kestabilan pada jarak 0.063 meter dan untuk pendulum 4 detik. Waktu tunda (delay time) untuk cart 1.8 detik. Kata Kunci:        Balancing Robot, MATLAB, Optimal, Simulink, Waktu
Universitas Sam Ratulangi
2014-05-13
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4494
10.35793/jtek.v3i2.4494
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 31-40
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4494/4023
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4495
2022-02-14T21:32:37Z
elekdankom:ART
Evaluasi Arus Asut Υ-Δ dengan Kapasitor Tambahan pada Motor Listrik Pompa Re-injeksi di Area Panas Bumi Lahendong
Mumu, Monika S.
Pakiding, Martinus
Nelwan, A. F.
Lisi, Filman
Abstract-- One of the matter about operation of induction motor is starting motor. Starting motor usually is the big problem on operation of motor because its starting current. Hence, to reduce starting current, so used method of reduced voltage. In this research using Υ-Δ starter infuse capacitor. Purpose of this thesis is to evaluate behavior of induction motor when starting and running, to show current and voltage rate when starting and running, and to explain about impact of capacitor on Υ-Δ starter infuse capacitor. The result of this measurement showed that capacitor gives impact to reduce starting current. On Υ–Δ starter (without capacitor), staring current is 278 [A], whereas on Υ–Δ starter infuse capacitor (70 [kVAr]), staring current is 243.4 [A] Keywords  : Capacitor, Induction motor, Infuse capacitor, Starting current. Abstrak-- Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam pengoperasian motor induksi yaitu pengasutan (starting) motor. Pengasutan motor ini yang biasanya menjadi masalah besar dalam pengoperasian motor. Oleh karena itu untuk mengurangi arus asut maka digunakan metode penurunan tegangan. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu pengasutan Υ-Δ infuse capacitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perilaku motor pada saat pengasutan dan pengoperasional motor induksi, memperlihatkan besar arus dan tegangan pada saat pengasutan dan pengoperasian motor induksi, dan menjelaskan bagaimana pengaruh penambahan kapasitor pada rangkaian pengasutan Υ–Δ. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kapasitor memberi pengaruh dalam penurunan besar arus asut. Pada pengasutan Υ–Δ tanpa kapasitor, besar arus asut yang diukur adalah 278 [A], sedangkan pada pengasutan Υ–Δ infuse capacitor (70 [kVAr]), besar arus asut yang diukur adalah 243,4 [A]. Kata kunci : Arus asut, Infuse capacitor, Kapasitor, Motor induksi.
Universitas Sam Ratulangi
2014-05-13
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4495
10.35793/jtek.v3i2.4495
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 41-52
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4495/4024
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/4525
2022-02-14T21:32:37Z
elekdankom:ART
Analisa Stabilitas Transien Untuk Menentukan Waktu Pemutusan Kritis (Critical Clearing Time) Pada Jaringan Transmisi 70 kV PLTA Tanggari II-GI Sawangan Dengan Menggunakan Program Matlab
Pongtiku, James A.
Tuegeh, Maickel
Tumaliang, Hans
Abstract - An electric power system is connected through theinterconnected transmission network is not free frominterference. The existence of disturbance can cause instability .Instability can affect change in the system , such as a change involtage and frequency of the system . Sudden severe disorder thatis common in systems such as short circuit , conductor rupture ,and increased loading can cause loss of synchronization . Itstretcher requires transient stability analysis that helps todetermine the time setting on / off relay protection and circuitbreaker disconnection time critical . In this thesis aims todetermine the critical clearing time in the event of disruption ofthree phase on the electrical system of PLTA Tanggari II - GISawangan . Therefore , simulation using matlab programtermination critical in determining the appropriate time toanticipate system instability.Keywords : Critical Clearing Time, Disturbance, MatlabPrograms, Transient Stability,Abstrak - Suatu sistem tenaga listrik yang dihubungkansecara terinterkoneksi melalui jaringan transmisi tidak lepasdari adanya gangguan. Adanya gangguan yang terjadi dapatmenimbulkan ketidakstabilan. Ketidakstabilan dapatmempengaruhi perubahan pada sistem, berupa perubahanpada tegangan dan frekuensi sistem. Gangguan berat yangbersifat mendadak pada sistem yang sering terjadi sepertihubung singkat, putusnya penghantar, dan meningkatnyapembebanan dapat menyebabkan hilangnya sinkronisasi. Halterebut memerlukan analisa stabilitas transien yang membantuuntuk menentukan setting waktu on/off relai proteksi , danwaktu pemutusan kritis circuit breaker. Pada tugas akhir inibertujuan untuk mengetahui waktu pemutusan kritis (CriticalClearing Time) pada saat terjadi gangguan tiga phasa (3 phasefault) pada sistem kelistrikan PLTA Tanggari II - GISawangan. Oleh karena itu, dilakukan simulasi denganmenggunakan program matlab dalam menentukan waktupemutusan kritis yang tepat untuk mengantisipasi terjadinyaketidakstabilan sistem.Kata Kunci : Gangguan, Kestabilan Transien, ProgamMatlab, Waktu Pemutusan Kritis
Universitas Sam Ratulangi
2014-05-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4525
10.35793/jtek.v3i2.4525
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer; 53-58
2685-368X
2301-8402
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/4525/4053
6ef6f403a9d375ea39eb4f031dd52ae7