ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDUSTRI PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Authors

  • Dea V. Kolamban Universitas Sam Ratulangi
  • Sri Murni Universitas Sam Ratulangi
  • Dedy N. Baramuli Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29862

Abstract

Nilai Perusahan adalah persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu industri perbankan yang terdaftar di BEI periode 2014-2017. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling sesuai kriteria yang ditentukan. Jumlah sampel yang didapat sebanyak 8 perusahaan.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan menunjukkan bahwa Leverage  berpengaruh signifikan Negatif terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahan. Secara simultan, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Perusahaan maupun manajer diharapkan agar mampu memperhatikan keputusan-keputusan penting agar dapat menjadi acuan untuk menentukan strategi perusahaan dalam menghasilkan Nilai Perusahaan.

Kata Kunci: Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Author Biographies

Dea V. Kolamban, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Sri Murni, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Dedy N. Baramuli, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01