PENERAPAN BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBUAT PRODUK SETENGAH JADI UNTUK MENINGKATKAN LABA PADA CV. TABEA

Authors

  • Stefanie Shinta Potalangi Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Jenny Morasa Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Victorina Z. Tirayoh Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4709

Abstract

Informasi biaya relevan dalam pengambilan keputusan membuat sendiri atau membeli produk setengah jadi sangat berperan penting bagi perusahaan, karena dapat mempengaruhi peningkatan laba. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan biaya relevan dalam pengambilan keputusan pada CV.Tabea yang berlokasi di desa Pondang kecamatan Amurang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan metode biaya relevan dalam pengambilan keputusan yang diajukan mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan apabila perusahaan membuat sendiri produk setengah jadinya. Manajemen perusahaan sebaiknya menerapkan biaya relevan dalam pengambilan keputusan membuat sendiri produk setengah jadi, karena dalam perhitungan biaya relevan untuk memenuhi suatu pesanan biaya yang dikeluarkan lebih rendah dan perusahaan dapat melakukan penghematan biaya untuk meningkatkan laba.

Kata kunci: biaya relevan, keputusan membuat atau membeli

Author Biographies

Stefanie Shinta Potalangi, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Jenny Morasa, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Victorina Z. Tirayoh, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2014-05-25