KUALITAS LAYANAN, CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI CABANG MANADO

Authors

  • Michael B. Pontoh Universitas Sam Ratulangi
  • Lotje Kawet Kawet Universitas Sam Ratulangi
  • Willem A. Tumbuan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5502

Abstract

Industri perbankan memegang peranan yang sangat strategis karena kegiatan perekonomian suatu negara kususnya dalam industri perbankan tidak terlepas dari sebuah alur lalu lintas pembayaran uang. Tingkat kesuksesan bank dipengaruhi dengan seberapa besar kepuasan yang dirasakan melalui kualitas layanan, citra perusahaan dan kepercayaan dimata nasabah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 orang nasabah. Metode penelitian yang dgunakan adalah jenis penelitian asosiatif dengan  teknik Analisa data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan kualitas layanan, citra perusahaan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, secara parsial citra perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah sedangkan kualitas layanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pihak manajemen perlu meningkatkan citra perusahaan melalui komunikasi pemasaran dan strategi iklan yang tepat untuk meningkatkan citra perusahaan pada para nasabahnya.

Kata kunci: kualitas layanan, citra, kepercayayaan, kepuasan.

Author Biographies

Michael B. Pontoh, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Lotje Kawet Kawet, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Willem A. Tumbuan, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-08-25