BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HELLO TOURS AND TRAVEL MANADO

Authors

  • Tisye Pingkan Elat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Lotje Kawet Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Altje Tumbel Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5589

Abstract

Perkembangan dunia  usaha ini ditandai dengan  makin banyaknya  persaingan. Munculnya perusahaan yang menawarkan jenis produk yang berkualitas dengan harga yang  bersaing  dalam pemasaran dan di dalamnya  terdapat penyampaian  jasa sehingga konsumen bisa ikut merasakan produk-produk yang ada di dalam  perusahaan. Bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan  bukti fisik yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan respon dari pasar sasaran sehingga menciptakan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan dan parsial dari produk,  harga, tempat, promosi, orang proses, dan bukti fisik terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian adalah metode asosiatif. Instrument penelitian menggunakan skala Likert dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, mengingat model tersusun atas sejumlah hubungan kausal antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa, secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial produk, harga, promosi, proses, bukti fisik berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Tempat dan orang secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Manajemen Hello Tours and Travel Manado sebaiknya meningkatkan pelayanan terhadap konsumen khususnya pada aspek Tempat dan Orang agar konsumen merasa lebih menyenangkan dengan pelayanan yang diberikan.

Kata kunci: bauran pemasaran jasa, kepuasan konsumen

Author Biographies

Tisye Pingkan Elat, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Lotje Kawet, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Altje Tumbel, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-09-17