ANALISIS MOTIVASI, PERSEPSI, PEMBELAJARAN, DAN SIKAP KONSUMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KFC BAHU MALL MANADO

Authors

  • Merna M. M. Tompunu Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5626

Abstract

Faktor psikologis yang dapat  mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa antara lain motivasi konsumen untuk membeli, persepsi konsumen terhadap perusahaan yang mendorongnya untuk membeli, serta pembelajaran konsumen dalam menggunakan, mengkonsumsi serta memanfaatkan produk dan jasa perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian KFC  Bahu Mall Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk KFC di Bahu Mall. Sampel dalam penelitian sebanyak 84 responden. Teknik pengambilan sampel purposif sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi, persepsi, pembelajaran, serta sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara parsial maupun simultan. Manajemen KFC sebaiknya memperhatikan psikologi, persepsi, pembelajaran, sikap konsumen, karena keempat variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di waralaba KFC Bahu Mall Manado.

 

Kata kunci: motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap, keputusan pembelian

Author Biography

Merna M. M. Tompunu, Universitas Sam Ratulangi Manado

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-09-26