BAURAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA DI PT. HASJRAT ABADI

Authors

  • Agustina M. Kaeng Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Bode Lumanauw Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5775

Abstract

Menjamurnya dealer motor yang ada, hal ini membuat konsumen semakin selektif dalam menentukkan pilihannya, maka perusahaan harus menyusun strategi yang akurat, diantaranya adalahdengan meningkatkan penjualannya. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi Cabang Paniki Bawah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi pengguna motor Yamaha sebanyak 1023 orang, dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji goodness of fit. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat berpengaruh positif dan simultan terhadap keputusan pembelian.Secara parsial periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Manajemen perusahaan sebaiknya terus menyempurnakan dari kualitas produk secara keseluruhan dengan membuat inovasi-inovasi baru agar dapat meningkatkan penjualan sehingga dapat menentukan strategi pemasaran yang baik demi kemajuan perusahaan.

Kata kunci: periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung.

Author Biographies

Agustina M. Kaeng, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Bode Lumanauw, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-10-23