HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN DIABETES MELLITUS DENGAN PEMANFAATAN KLINIK DIABETES MELLITUS DI PUSKESMAS KALUMPANG KOTA TERNATE

Authors

  • Nurjaya Hi. Ibrahim Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Agnes Madianung Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Franly Onibala Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35790/ens.v1i1.1774

Abstract

Abstract: Diabetes mellitus is metabolic disorder caused by some factors, with signs chronic hyperglicemic dan metabolic disorder of carbohydrate, fat and protein. In age  about 40 years old, we must concern about this very dangerous degenerative disorder, namely diabetes mellitus. Many patient do not know that they have this disorder. Knowledge about the right healthy and sickness concept will help people understand how to live healthy and their will to use health facility. This study aimed to know relationship about knowledge level and attitude of diabetic patient to diabetic clinic useness at public health center in Ternate. This study use cross sectional design where independent and dependent variable measure at the same time. Population is diabetic patients have checked at public health center in Kalumpang Ternate from January 2012 to December 2012 with number 428 patients. Sample of this study is 43 patient which is 10% of population, with sampling method is puposive sampling. Data is analyzed by SPSS v.16 using chi-square (X2) test, with α<0,05. Result shows that there is a significant relation between knowledge level about diabetic clinic useness to clinic useness with p=0,033 (<0,05). There is a significant relation between attitude about diabetic clinic useness to clinic useness with p=0,017 (<0,05).

Keywords: knowledge level, attitude, diabetic clinic useness.

 

 

Abstrak: Diabetes mellitus atau kencing manis adalah kelainan metabolisme yang disebabkan oleh berbagai faktor, dengan gejala-gejala berupa hiperglikemia  kronis dan gangguan metabolisme pada karbohidrat, lemak dan protein. Ketika memasuki usia 40 tahun, kita harus mewaspadai timbulnya salah satu penyakit degeneratif yang sangat berbahaya, yaitu diabetes mellitus. Banyak penderita diabetes mellitus yang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit ini. Pengetahuan masyarakat tentang konsep sehat dan sakit yang benar akan membantu masyarakat mengerti bagaimana memberdayakan diri untuk hidup sehat dan kebiasaan mereka untuk mempergunakan fasilitas kesehatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk Diketahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap pasien Diabetes Mellitus dengan pemanfaatan klinik Diabetes Mellitus di Puskesmas  Kalumpang  Kota Ternate. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dimana variabel bebas dan terikatnya diukur dalam waktu yang sama. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien diabetes mellitus yang pernah berobat di Puskesmas Kalumpang kota Ternate mulai dari bulan Januari 2012 sampai dengan Desember 2012 yang berjumlah sekitar 428 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 orang yang diperoleh 10% dari total populasi yang ada, serta yang termasuk dalam kriteria inklusi dengan pengambilan sampel secara Puposive Sampling. Analisis data dengan sofware Statistic Program for Social Science (SPSS) versi 16, dengan menggunakan uji chi-square (X2), pada tingkat kemaknaan 95%  (α 0,05). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapatnya ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang pemanfaatan klinik DM dengan pemanfaatan klinik dimana nilai Ï= 0,033 < 0,05. Ada hubungan yang bermakna antara sikap tentang pemanfaatan klinik DM dengan pemanfaatn klinik dimana nilai Ï=0,017 <0,05.

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Sikap, Pemanfaatan Klinik Diabetes Mellitus.

Author Biographies

Nurjaya Hi. Ibrahim, Universitas Sam Ratulangi Manado

Kandidat Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan

Agnes Madianung, Universitas Sam Ratulangi Manado

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran

Franly Onibala, Universitas Sam Ratulangi Manado

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran

Issue

Section

Articles