SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION DI UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO

Authors

  • Kelvin Wijaya
  • Hans Wowor
  • Virginia Tulenan

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.5.1.2015.8312

Abstract

Penelitian yang berjudul “Sistem  Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Dengan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution di Universitas Sam Ratulangi Manado†ini bertujuan untuk menghasilkan Sistem Pendukung Keputusan yang objektif dan sistematis dalam menentukan penerima beasiswa dengan kualifikasi terbaik.

Metode yang digunakan sebagai tahapan penelitian ini adalah metode Rapid Application Development (RAD) yang merupakan metode rancang bangun perangkat lunak yang menekankan pada daur pengembangan yang singkat. Data yang dijadikan sebagai acuan  persyaratan kebutuhan sistem yang dibangun didapatkan dari wawancara terhadap kepala sub bagian kemahasiswaan dan alumni fakultas teknik. Dari data  hasil wawancara tersebut didapatkan masalah kurangnya objektifitas dan transparansi informasi dalam proses penentuan penerima beasiswa yaitu belum adanya sebuah standar atau sistem yang digunakan dalam penentuan penerima beasiswa dan hanya menggunakan cara pemilihan manual sehingga penerima beasiswa ditentukan secara subyektif.

Dengan latar belakang tersebut, maka diperlukan Sistem Pendukung Keputusan yang dapat menjadi penunjang bagi proses penentuan penerima beasiswa.

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Rapid Application Development (RAD),Beasiswa

Downloads

Published

2015-05-11