2024-03-28T21:48:48Z
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/oai
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/542
2019-07-09T06:17:44Z
informatika:art
IMPLEMENTASI KOMPUTASI AWAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GOOGLE APP ENGINE (GAE) DAN AMAZON WEB SERVICES (AWS)
Nugroho, Adi
Mustofa, Techn Khabib
Interoperabilitas, dalam arti cara bagaimana suatu sistem yang memiliki platform perangkat keras dan perangkat lunak tertentu dapat berkomunikasi dengan sistem-sistem yang memiliki platform yang berbeda, mungkin merupakan bagian dari ‘masa lalu’. Di masa-masa yang akan datang, interoperabilitas yang selama ini ditangani secara manual oleh organisasi-organisasi/perusahaan-perusahaan akan ditangani langsung oleh vendor-vendor penyedia komputasi awan (cloud computing) yang memang memiliki sumberdaya-sumberdaya manusia (analis sistem, pemrogram, pakar jaringan), perangkat keras (komputer-komputer server yang berjumlah sangat banyak dan berkemampuan raksasa), serta perangkat lunak (sistem operasi, server aplikasi, server Web) yang memang memenuhi syarat untuk itu. Di masa yang akan datang, untuk mendapatkan layanan-layanan (service) dan tempat penyimpanan tertentu, organisasi-organisasi/perusahaan-perusahaan tidak perlu berinvestasi terlalu tinggi untuk menyediakannya sendiri; mereka bisa saja menyewanya dari vendor-vendor komputasi awan yang saat ini mulai bermunculan. Google dan Amazon adalah para pendahulu dari teknologi komputasi awan (cloud computing) ini. Melalui tulisan ini, kita tidak akan membahas struktur internal keduanya secara rinci, melainkan kita akan mencoba membahas kelebihan serta kekurangan kedua vendor komputasi awan ini dari sudutpandang para manajer di bidang Teknologi Informasi yang akan melakukan investasi yang bermanfaat bagi organisasi/perusahaannya.Kata kunci : Cloud Computing, Google App Engine, Amazon Web Service.
Universitas Sam Ratulangi
2012-10-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/542
10.35793/jti.1.1.2012.542
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/542/435
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/543
2019-07-09T06:17:44Z
informatika:art
Relevance Feedback berdasarkan Support Vector Machine pada Content Based Image Retrieval
Tulenan, Virginia
Content based image retrieval adalah bidang penelitianyang sangat penting saat ini dalam bidang multimedia database.Banyak penelitian yang telah dilakukan dalam dekade terakhiruntuk merancang teknik image retrieval yang efisien dari imagedatabase. Meskipun banyak teknik pengindeksan dan retrievaltelah dikembangkan, namun masih belum terdapat teknikpemisahan ciri (feature extraction), indexing dan retrieval yangbisa diterima secara universal oleh semua orang. Dalam tulisanini, digunakanlah metode relevant feedback berdasarkan supportvector machine (SVM) dan muhalobis distance untuk pengukurankemiripan pada image retrieval.
Universitas Sam Ratulangi
2012-10-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/543
10.35793/jti.1.1.2012.543
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/543/432
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/545
2019-07-09T06:17:44Z
informatika:art
Analisis Aspek Keamanan Dalam Menghadapi Rootkit Berbasis Mesin Virtual (VMBR)
Najoan, Xaverius
Kemajuan teknologi virtualisasi hardware telah membuka halaman baru dalam pertempuran digital. Dengan teknologi mesin virtual, terbuka peluang untuk salah satu pihak menguasai lapisan terbawah suatu sistem, yaitu lapisan hardware. Akibatnya, jika pihak attacker menguasai level ini, maka makin sulit untuk pihak defender mendeteksi aplikasi malware dari attacker.Kombinasi antara mesin virtual dan malware tipe rootkit menghasilkan sebuah ancaman baru yang disebut dengan Virtual Machine Based Rootkit (VMBR). Rootkit yang berbasis pada mesin virtual sangat sulit dideteksi dan dilenyapkan karena berada diluar wilayah akses aplikasi dan sistem operasi tersebut
Universitas Sam Ratulangi
2012-10-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/545
10.35793/jti.1.1.2012.545
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/545/436
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/546
2019-07-09T06:17:44Z
informatika:art
Analisa dan Perancangan Portal Web Amazing North Sulawesi dengan Menggunakan Metodologi Agile Unified Process
Karouw, Stanley
Promosi pariwisata unggulan merupakan salah satu proses bisnis utama yang dilakukan Kantor Staf Ahli Gubernur Bidang Investasi Provinsi Sulawesi Utara. Menggunakan teknologi Web 2.0 merupakan salah satu strategi efektif dalam melakukan promosi pariwisata unggulan provinsi Sulawesi Utara. Metodologi Agile Unified Process (AUP) merupakan salah satu metode pengembangan sistem informasi/aplikasi yang ringkas dan komprehensif, menekankan peran pengguna (user-oriented) dengan paradigm pengembangan berorientasi obyek (object-oriented). Portal Web yang dikembangkan dengan metodologi AUP menghasilkan aplikasi yang memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna (user expectation and needs) dalam waktu yang relatif singkat.Kata Kunci — Software Development, Web 2.0, AUP, UML
Universitas Sam Ratulangi
2012-10-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/546
10.35793/jti.1.1.2012.546
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/546/434
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/550
2019-07-09T06:17:27Z
informatika:art
ANALISIS EFEKTIFITAS INVESTASI PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INFORMATION ECONOMICS
Rembang, Chandra S
Kaunang, S T. G.
Karouw, Stanley
Lantang, Oktavian A
Investasi TI di organisasi profit merupakan hal yang wajar dewasa ini, mengingat TI telah menjadi suatu bagian gaya hidup yang tidak terpisahkan di kalangan masyarakat. Penggunaan produk TI dirasakan sangat membantu dalam hal mobilitas dan efektifitas kerja perusahaan. Investasi TI yang dilakukan seringkali muncul dengan angka besar-besaran. Sementara untuk pengukuran keuntungannya, kebanyakan organisasi profit berfokus pada keuntungan secara finansial, namun jika ditanyakan tentang manfaatnya, lebih khusus manfaat yang bersifat intangible, biasanya perusahaan tidak dapat memberikan data yang sesuai. Metode Information Economics muncul untuk menjawab kebutuhan tersebut , dengan menggabungkan perhitungan dari segi finansial dan non-finansial untuk menilai dan melakukan justifikasi terhadap investasi TI Kata kunci:Â Â Â Â Â Â Â Â Â investasi TI, manfaat intangible, information economics
Universitas Sam Ratulangi
2012-11-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/550
10.35793/jti.1.2.2012.550
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/550/439
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/551
2019-07-09T06:17:27Z
informatika:art
ANALISA KELAYAKAN INVESTASI TI MENGGUNAKAN METODE COST-BENEFIT
Doerachman, Jiesianti D
Kaunang, S T. G.
Karouw, Stanley
Rindengan, Yaulie D. Y.
Tujuan dari penelitian ini membahas tentang bagaimana menghitung suatu kelayakan dari investasi IT yang telah di tanamkan di sebuah perusahaan, dengan melihat apakan manfaat dari suatu investasi di perusahaan dapat meningkatkan kualitas material maupun non-material. dengan menggunakan metode Cost-Benefit. Sebelum menggunakan analisis ini kita harus mengidentifikasi tentang komponen-komponen yang ada, agar bisa kita gunakan sebagai perhitungan variable Proyek. Di dalam laporan ini juga membahas tentang kesulitan manfaat diidentifikasi dan bagaimana cara menghitungnya, manfaat terutama berwujud. Perhitungan ini di bantu dengan menggunakan Tools Aplikasi CBA yang akan digunakan sebagai Sistem Pendukung Keputusan. Kata kunci :Â Â Â Â Â Â Â Â Investasi IT, Cost-Benefit, kelayakan investasi IT, Tools CBA
Universitas Sam Ratulangi
2012-11-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/551
10.35793/jti.1.2.2012.551
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/551/440
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/552
2019-07-09T06:17:27Z
informatika:art
Sistem Pakar Dalam Mengidentifikasi Jenis Kerusakan Mesin Pada Mobil Suzuki Carry Berbasis Web
Arbie, A. F.
Wowor, Hans F.
Robot, Jimmy R.
Sengkey, Rizal
Growing technology in the field of cars as well as the more expensive new cars sold by each automaker. It makes people switch to buy old cars. The conditions of new and used cars are very different. When the new car is only doing engine maintenance each month with an oil change or other types of treatment, while an did car should check the condition of the engine every month. If there is a damage to this cars, the costs to enter the workshop is more higher then new cars. Because of the high cost if the car into the workshop, then the old cars owner must think to look for the other alternatives in repairing damage to the engine. According to identify the type of Expert System for Damage Engine In Car Suzuki Carry based on a Web-based tools to diagnose the type of damage to the engine Suzuki Carry and provide solutions in repairing the damage. The interaction between the system and the user uses the question of the causes that have appeared on the perceived condition of the driver and the performance of the car which the user will be asked to answer questions based on the condition of the car. Knowledge base is structured in such a database table, it is a table with some damage, the cause of the table and the table relationships to facilitate the performance of the inference system. Keyword : Expert System, Damage Diagnosis, Web-based Abstrak Dengan semakin berkembangnya teknologi dalam bidang mobil serta semakin mahalnya mobil baru yang dijual oleh tiap produsen mobil. Membuat banyak orang beralih untuk membeli mobil dalam keadaan bekas. Tentu kondisi antara mobil baru dan bekas sangat berbeda. Bila mobil baru hanya melakukan perawatan mesin setiap bulannya dengan mengganti oli atau jenis perawatan lainnya, maka untuk mobil bekas harus mengecek kondisi mesin setiap bulannya. Bila terjadi kerusakan maka biaya yang dikeluarkan untuk masuk bengkel juga sangat besar dalam memperbaikinya. Dengan biaya yang mahal bila mobil masuk bengkel, maka pemilik mobil bekas pasti berpikir untuk mencari alternatif lain dalam memperbaiki kerusakan mesin mobil. Sistem Pakar Dalam Mengidentifikasi Jenis Kerusakan Mesin Pada Mobil Suzuki Carry Berbasis Web dirancang sebagai alat bantu untuk mendiagnosa jenis kerusakan mesin Suzuki carry serta memberikan solusi dalam memperbaiki kerusakan. Interaksi antara sistem dan user menggunakan pertanyaan berupa penyebab yang sudah tampak berdasarkan kondisi yang dirasakan pengemudi dan kinerja dari mobil dimana user akan diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan kondisi mobil tersebut.Basis pengetahuan disusun sedemikian rupa ke dalam suatu database diantaranya dengan beberapa tabel yaitu tabel kerusakan, tabel penyebab dan tabel relasi untuk mempermudah kinerja sistem dalam penarikan kesimpulan. Kata kunci : Sistem Pakar, Diagnosa Kerusakan, Berbasis Web
Universitas Sam Ratulangi
2012-11-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/552
10.35793/jti.1.2.2012.552
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/552/441
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1037
2019-07-09T06:17:44Z
informatika:art
“Analysis Influence Brand Equity and Service Quality to Costumer Satisfaction Users Blackberry Curve 9300 District Sario Manado â€
Roring, Ferdy
Research In Motion (RIM) is the official producer of mobile phones that are currently most popular especially in Indonesia which is the Blackberry. Indonesia is a large market share to Blackberry because of Indonesia's population. 47 percent mobile circulating in Indonesia is Blackberry.The goal of this research is to know the influence of quality of service and brand equity to the satisfaction of consumer users blackberry curve 9300 district Sario the city of manado.In this research, the methods of analysis used is regression analysis method. The population was taken is the blackberry curve 9300 user with samples as much as 100 people. Sampling techniques research using simple random sampling.Research results by using regression analysis showed that partially variable quality of service significantly influential to the variable satisfaction but rather to brand equity, does not affect the consumer's satisfaction. And simultaneously variable quality of service and significant impact on brand equity consumer satisfaction.For the RIM Blackberry mobile phone manufacturers should be as much again to improve the quality of service that is better to consumers so that consumers do not migrate or switch to other parties. More manufacturers to optimize quality of service to the higher customer satisfaction. The RIM also should pay attention to brand equity. If the RIM is not paying attention to the brand equity will be decreased to the level of consumer satisfaction that have an impact on decreasing the level of product sales.Keywords: service quality, brand equity, and customer satisfaction
Universitas Sam Ratulangi
2012-11-08
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1037
10.35793/jti.1.1.2012.1037
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1037/839
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1619
2019-07-09T06:17:27Z
informatika:art
The Influence of Attitudes, Norms and Control Subyetif Interests Attitudes to Using Internet Banking In BRI Kotamobagu Branch
Roring, Ferdy
Commercial banks have introduced internet-based on banking system to improved operations and reduced costs. Internet banking is one form of service were started a lot of products offered by commercial banks in Indonesia.The sample in this study was 100 from total population 809 clients. Analysis tools used multiple linear regression, hypothesis testing using t test and F test before being tested by using multiple linear regression, previously tested using the data validity and reliability as well as testing the classical assumptions. Tests conducted with the help of SPSS software.The results showed that attitudes, subjective norms and behavioral control affect the interest of using internet banking either partially or simultaneously. The relationship between the variables X and Y is strong, while the magnitude of the influence of variable X to variable Y is equal to 38.8% while the remaining 61.2% is influenced by variables other than research. The dominant variable is the control of behavior.Increased interest of customers to use internet banking should be improved by Bank BRI Branch Kotamobagu by increasing or add information on internet banking, as most customers are still not understand about internet banking.Keywords: Attitude, Subjective Norms, Behavioral Control, Use Internet Banking Interests.
Universitas Sam Ratulangi
2013-05-07
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1619
10.35793/jti.1.2.2012.1619
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1619/1299
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1980
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI DORMITORY MANAGEMENT MENGGUNAKAN UNIFIED SOFTWARE DEVELOPMENT PROCESS
Karouw, Stanley
AbstractDormitory Management Web-based applications is the efficient solution for optimizing Rental Homes business process management. Customers easily get the latest information about the services provided in real-time. Owner may perform supervisory control online, which is expected to increase revenue significantly. Unified Software Development Process (USDP) methodology is a software development famework which supports use-case-driven characteristic and iterative increments, with using UML ver 2.0 as modeling tools. USDP can be used to develop software with object-oriented paradigm by actively involving all stakeholders. USDP also support business processes optimization and shorten application developmentKeywords: Applications Software, Object Oriented, USDP, UML, Software DevelopmentAbstrakAplikasi Dormitory Management berbasis Web adalah solusi efisien untuk mengoptimalkan proses bisnis pengelolaan Rumah Sewa. Pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkini tentang layanan yang diberikan secara real-time. Owner dapat melakukan kontrol pengawasan secara online. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan secara signifikan. Metode Unified Software Development Process (USDP) merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang use-case driven dan increment-iterative, dengan perangkat UML ver 2.0 untuk keperluan pemodelan. USDP dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak yang dibangun dengan paradigma berorientasi obyek dengan melibatkan semua stakeholders secara aktif. Karakteristik metode USDP yang usecase driven, increment-iterative ini dapat memfokuskan pengembangan perangkat lunak pada fungsionalitas aplikasi, sehingga dapat mendukung optimalisasi proses bisnis dan mempersingkat waktu pengembangan aplikasi.Kata Kunci: Aplikasi, Berorientasi Obyek, USDP, UML, Pengembangan Piranti Lunak
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1980
10.35793/jti.2.1.2013.1980
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1980/1583
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1981
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
ANALISIS KUANTIFIKASI MANFAAT BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI STUDI KASUS PROVINSI SULAWESI UTARA
Wowor, Hans
Karouw, Stanley
AbstractNorth Sulawesi province is fostering regional development towards a society which have values, prosperous and competitive cultures. Information Technology (IT) have become a key enabler to accelerate region developments. To optimize IT utilization, local government using IT Blueprint as a general guidelines for conduct IT investing. This paper will show that byusing IT Valuation Matrix framework, all IT Business Value can be quantified in reasonable and responsible manner. Quantification results showed measurable significants benefits for Regional Revenues, called Pendapatan Asli Daerah (PAD). IT Valuation Matrix framework also provide best practices to assessing local government IT investment. Keywords: IT Investment, IT Business Value, Local GovernmentAbstrakMasyarakat yang berbudaya, berdaya saing dan sejahtera merupakan tujuan pembangunan Pemerintah provinsi Sulawesi Utara. Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu faktor pemungkin (key enabler) akselerasi pembangunan daerah. Pemerintah Daerah (Pemda) provinsi Sulawesi Utara telah memiliki rencana strategis (renstra) TI sebagai pedoman investasi TI berbasis manfaat bisnis. Implementasi investasi TI yang dilakukan Pemda dapat dijustifikasi apabila manfaat bisnis dari implementasi TI tersebut dapat dikuantifikasi dengan jelas. Metode IT Valuation Matrix dapat digunakan untuk mengkuantifikasi manfaat bisnis TI dari setiap investasi TI yang dilakukan Pemda. Hasil kuantifikasi menunjukkan besaran manfaat yang terukur signifikan pada kontribusi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).Kata Kunci: Investasi TI, Manfaat Bisnis TI, Pemerintah Daerah
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1981
10.35793/jti.2.1.2013.1981
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1981/1576
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1982
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
ANALISIS PROSES BISNIS DAN KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI RENDAL PRODUKSI DI INDUSTRI FARMASI: STUDI KASUS PT. TNF
Robot, Jimmy
Tuturong, Nancy
AbstrakSuatu industri manufaktur yang berorientasi pada profit memerlukan alat bantu agar bisnisnya dapat menjalankan proses eksekusi manufaktur lebih baik. Industri farmasi pun tak luput dari pola keberhasilan seperti ini. PT. TNF merupakan salah satu industri farmasi yang berorientasi pada pasar, dengan menciptakan produk-produk yang makin kompleks, sesuai dengan keinginan pasar. Sebagai salah satu industri yang bergerak dalam bisnis obatobatan ini membutuhkan sistem informasi agar tercapainya tujuan organisasi untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, daya saing dan inovasi produk yang bertaraf internasional. Salah satu peranan vital dalam bisnis industri ini adalah proses dalam Unit Produksi dan PPIC sebagai pengendalian perencanaan produksi serta pengadaan sebagai pengelola lalu lintas material dan barang jadi/produk. Sebagai dasar pertimbangan inilah, maka penulis mengangkat masalah analisis proses bisnis dan kebutuhan sistem informasi perencanaan dan pengendalian (Rendal) Produksi berbasis agent di PT. TNF sehingga pengorganisasian sumberdaya perusahaan untuk menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk menggambarkan arsitektur sistem sesuai konteks pembahasan digunakan UML agar memudahkan analisis dan pengembangan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah sistem rendal produksi yang dirancang dapat membantu mengatasi permasalahan pada unit operasi PPIC dan rendal Produksi yang ditemui di PT.TNF.Kata Kunci: Agent, GAI, Unit Produksi, UML, PPIC, Sistem Rendal Produksi
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1982
10.35793/jti.2.1.2013.1982
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1982/1584
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1983
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
EKSTRAKSI SERVIS PADA SISTEM INFORMASI KESEHATAN: SEBUAH PENDEKATAN KE ARAH SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE
Paturusi, Sari
AbstrakIndustri kesehatan telah berkembang sebagai salah satu sektor yang paling menantang untuk implementasi teknologi informasi karena kompleksitas dan komponen yang heterogen. Walaupun perannya telah membawa dampak positif untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan, implementasi teknologi informasi telah menciptakan "pulau-pulau informasi" yang sangat sulit untuk bersinergi. Sedangkan untuk mengembangkan kembali sebuah aplikasi terpadu dari awal akan sangat mahal dan memakan waktu, maka diperlukan metode yang menyediakan interoperabilitas antara monolitic sistem-sistem informasi kesehatan menuju sistem yang lebih komprehensif dan terpadu (tapi masih adaptif). Penelitian ini menggunakan pendekatan SOA (Service Oriented Architecture) untuk mengembangkan sebuah "Service Oriented Sistem Informasi Kesehatan" yang dibangun baik dari sistem yang telah ada atau sistem SOA-compliant yang baru dikembangkan, dan untuk menunjukkan kemampuan dan efektivitas untuk mendukung layanan kesehatan dan sifatnya yang dinamis. Kata Kunci: Service Oriented Architecture, Sistem Informasi Kesehatan
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1983
10.35793/jti.2.1.2013.1983
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1983/1577
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1984
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
IDENTIFIKASI MANFAAT BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMERINTAH DAERAH: STUDI KASUS PROVINSI SULAWESI UTARA
Wowor, Hans
Karouw, Stanley
North Sulawesi province is fostering regional development towards a society which have values, prosperous and competitive cultures. Information Technology (IT) have become a key enabler to accelerate region developments. To optimize IT utilization, local government using IT Blueprint as a general guidelines for conduct IT investing. This paper will show that by using Ranti’s IS/IT Generic Business Value, all IT Business Value can be quantified in reasonable and responsible manner. This paper also proposed complete list for IT Business Value Specified for Local Governments.Keywords: IT Investment, IT Business Value, Local Government
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1984
10.35793/jti.2.1.2013.1984
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1984/1585
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1985
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
IMPLEMENTASI GRID COMPUTING UNTUK HIGH THROUGHPUT COMPUTING
Rumagit, Arthur
AbstrakMasalah utama dalam melakukan proses render yaitu waktu yang dihasilkan oleh CPU (High Troughput) untuk melakukan rendering. Untuk mengatasi masalah tersebut dikemukakannya grid computing dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sebagai suatu rendering farm. Grid computing adalah pemanfaatan sumber daya atau penggabungan resource-resource yang terpisah secara aman dan mudah sehingga tecipta suatu lingkungan komputasi yang besar. Rendering farm adalah sekumpulan dari komputer yang bekerja secara bersama sama untuk melakukan proses render. Dibutuhkan suatu tools untuk melakukan proses parallel rendering. Yadra akan sangat efektif bila digunakan untuk merender suatu animasi, sebab yadra bekerja dengan cara memecah dan mendistribusikan frame dari file animasi kepada setiap komputer. Dalam penelitian ini yadra akan di implementasikan pada sistem grid yang telah ada di Jurusan Teknik Elektro ITSKata Kunci: Grid Computing, High Througghput, Rendering, Rendering Farm
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1985
10.35793/jti.2.1.2013.1985
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1985/1578
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1986
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
PEMANFAATAN APLIKASI GIS UNTUK PEMETAAN POTENSI PERTANIAN DI KABUPATEN MINAHASA UTARA
Wowor, Aneke
AbstrakAplikasi GIS memungkinkan pembuatan peta manual menjadi peta digital dengan menggunakan teknologi komputer yang akhirnya memberikan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengetahui letak geografis suatu wilayah. Pertanian merupakan salah satu potensi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia khususnya kabupaten Minahasa Utara. Karena sebagian besar masyrakatnya berprofesi sebagai petani. Setiap petani selalu mengharapkan hasil yang terbaik dari hasil pertanianya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Banyak daerah pertanian di kebupaten Minahasa Utara ini yang belum ditanami tanaman pertanian yang cocok dengan keadaan tanah tersebut. Sehingga banyak tanaman pertanian yang bisa menjadi produk unggulan tetapi tidak dibudidayakan. Hal ini disebabkan karena mereka hanya mengandalkan pengetahuan dari nenek moyang atau pendahulu mereka. Kurangnya pengetahuan dari para petani mengenai keadaan tanah di daerah mereka, menyebabkan mereka lebih cenderung menanam tanaman pertanian yang sudah ada sebelumnya seperti kelapa, jagung, pisang dan lain-lain.Kata Kunci: Aplikasi GIS, Potensi Pertanian, Minahasa Utara
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1986
10.35793/jti.2.1.2013.1986
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1986/1579
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1987
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1988
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DISTRIBUSI BERAS MISKIN (RASKIN) MENGGUNAKAN LOGIKA SAMAR
Latumakulita, Luther A
AbstrakPada penelitian ini dilakukan rancang bangun sistem untuk membantu pihak pengambil keputusan dalam mendistribusikan beras miskin (RASKIN) bagi masyarakat miskin. Sistem ini dapat digunakan bagi pemerintah pada dinas sosial maupun pemerintah dalam tingkatan kelurahan. Dengan menginput data keluarga dalam suatu kelurahan beserta dengan penghasilan perbulan maka sistem dapat menghitung derajat kemiskinan suatu keluarga berdasarkan fungsi keanggotaan fuzzy yang telah didefenisikan untuk kreteria penghasilan keluarga dan jumlah tanggungan keluarga. Dari derajat kemiskinan yang diperoleh maka dapat dipetakan kelayakan suatu keluarga dalam menerima bantuan beras miskin. Ada beberapa tahap yang dilakukan untuk membuat sistem ini yaitu mendefenisikan fungsi keanggotaan fuzzy bagi setiap kriteria dalam hal ini kriteria dibagi dua yaitu kriteria jumlah penghasilan keluarga dan jumlah tanggungan keluarga, menetapkan bobot setiap kriteria, dan menetapkan range kategori kelayakan. Proses fusifikasi dilakukan terhadap data penghasilan keluarga dan jumlah tanggungan keluarga dan hasinya dikalikan dengan bobotnya masing-masing kemudian dijumlahkan untuk mendapat nilai total dan ditranformasikan ke prosentase kelayakan untuk menerima beras miskin. Berdasarkan data-data keluarga yang dimasukan, sistem dapat mentukan kelayakan setiap keluarga dalam menerima beras miskin.Kata Kunci: Beras Miskin, Fuzzy Logic, Sistem Penunjang Keputusan
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1988
10.35793/jti.2.1.2013.1988
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1988/1581
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/1989
2021-01-21T16:29:39Z
informatika:art
STUDI IMPLEMENTASI VOIP BERBASIS SIP JARINGAN KAMPUS UNIVERSITAS SAM RATULANGI
Najoan, Meicsy
Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah salah satu contoh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Teknologi VoIP sangat menguntungkan karena menggunakan jaringan berbasis IP yang sudah memiliki jaringan kuat di dunia sehingga biaya untuk melakukan panggilan jauh lebih efisien daripada menggunakan telepon analog. Dengan memanfaatkan jaringan komputer yang sudah ada memungkinkan teknologi VoIP dapat diimplementasikan di Universitas Sam Ratulangi Namun yang menjadi masalah dalam penggunaan teknologi ini adalah banyaknya persepsi yang menyatakan bahwa kualitas suara pada percakapan VoIP masih tergolong buruk. Hal ini banyak disebabkan oleh penggunaan codec yang tidak sesuai dengan kapasitas jaringan dan masalah pada jaringan IP yang digunakan yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya delay, jitter, dan packet loss .Oleh karena itu perlu dilakukan analisis sebelum teknologi ini dijalankan. Dengan alasan di atas penulis melakukan analisis dari segi teknis mulai dari monitoring keadaan jaringan, kualitas sambungan/suara yang dipengaruhi oleh beberapa parameter penting yang mempengaruhi QoS (Quality of Service), serta performansi codec yang digunakan. Adapun codec yang diuji adalah codec GSM, iLBC, G.729, dan G.711. Dari hasil penelitian secara umum, parameter-parameter yang mempengaruhi kualitas sambungan/suara seperti delay, jitter dan packet loss tergolong baik untuk dijalankan di jaringan kampus Unsrat. Adapun alternatif jenis codec yang baik digunakan yaitu G.711 karena memiliki performansi yang lebih dibanding jenis codec yang lain. Dari hasil penelitian ini mengindikasikan Universitas Sam Ratulangi layak untuk mengimplementasikan teknologi ini.Kata Kunci: VoIP, Codec, QoS
Universitas Sam Ratulangi
2013-07-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1989
10.35793/jti.2.1.2013.1989
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/1989/1582
oai:ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/2113
2019-07-09T06:16:46Z
informatika:art
APLIKASI E-VISUAL AID SEKOLAH MINGGU BERBASIS ANDROID
Mamangkey, Julita
Sinsuw, Alicia
Karouw, Stanley
Tuturoong, Nancy
Alat peraga merupakan bahan pembelajaran yang sangat baik untuk anak-anak dalam memahami sesuatu yang ingin disampaikan terutama pada anak-anak usia 5-8 tahun. Seiring perkembangan teknologi informasi khususnya dalam bidang perancangan dan aplikasi multimedia, pengemasan konten cerita anak dibuat dalam bentuk aplikasi yang menarik, dimaksudkan agar anak-anak dapat memahami materi atau cerita yang disampaikan . tujuan pengembangan penelitian ini untuk membangun aplikasi alat peraga digital untuk sekolah minggu berbasis android. Dengan menggunakan metodologi RAD ( Rapid Application Development) sebagai metode perancangan sistemnya dan menggunakan software eclipse untuk pengkodingannya. Hasil yang dicapai adalah aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan alat peraga untuk khotbah yang dibawakan dengan menarik menggunakan alat peraga digital.Kata kunci: Aplikasi, Eclipse, RAD (Rapid Application Development), Sekolah Minggu
Universitas Sam Ratulangi
2013-11-29
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/2113
10.35793/jti.2.2.2013.2113
Jurnal Teknik Informatika; Vol. 2 No. 2 (2013): Jurnal Teknik Informatika
2685-6131
2301-8364
eng
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/2113/1676
eb4fb992d7edd4049b7ac27540223a29