ANALISIS PERBANDINGAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PAD (STUDI PADA PROVINSI SULAWESI UTARA TAHUN 2010-2014)

Authors

  • Sivra J.R. Rompas Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado 95115, Indonesia

Keywords:

Pajak Daerah, Retribusi daerah, Pendapatan Asli Daerah, Sulawesi Utara

Abstract

Penelitian ini diberi judul “Analisis perbandingan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap PAD (studi pada provinsi Sulawesi Utara tahun 2010-2014). Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya laju pertumbuhan, kontribusi dan perbandingan pertumbuhan dan kontribusi dari penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah di Sulut. Model analisis yang digunakan adalah model analisis tabel dan selanjutnya mendeskritifkan hasil perhitungan tabel dalam bentuk  penjelasan-penjelasan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahunan (5 tahun) yang dipublikasikan di Badan Pusat Statstik Sulawesi Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil penerimaan pajak daerah, laju pertumbuhan dan kontribusi pajak daerah dari tahun 2010 sampai pada tahun 2014 meningkat. Berbeda dengan penerimaan retribusi daerah, yang pada tahun 2011 mengalami penurunan dan di tahun 2012 sampai 2014 meningkat.

Downloads

Published

2016-06-01

Issue

Section

Articles