PENGARUH RETAIL MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET PANIKI

Authors

  • Ericha Karwur Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia.

Keywords:

Retail Mix, Keputusan Pembelian, Pasa Ritel Moderen.

Abstract

Keputusan pembelian adalah suatu proses penyelesaian masalah yang  terdiri  dari  menganalisa  atau  pengenalan  kebutuhan  dan  keinginan,  pencarian  informasi,  pelayanan  kepada konsumen, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung atau konsumen di Indomaret Paniki Manado yang berjumlah rata-rata 250 konsumen per hari atau 7.500 konsumen per bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, kemudian diperoleh total sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji f dan uji t.Hasil analisis menunjukkan bahwa bauran pemasaran ritel yang terdiri dari produk, harga, promosi, layanan, desain toko, lokasi toko, dan suasana toko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan secara parsial, variabel-variabel dari pemasaran ritel memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Paniki Manado.

Downloads

Published

2016-08-29

Issue

Section

Articles