PENGARUH SUKU BUNGA DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP JUMLAH DANA DEPOSITO BERJANGKA PADA BANK UMUM DI PROVINSI SULAWESI UTARA (PERIODE 2009.1-2013.4)

Authors

  • Gerry Budiman Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Keywords:

Deposito Berjangka, Bank Umum, Suku Bunga, Pendapatan Perkapita, Sulawesi Utara.

Abstract

Dalam perkembangannya deposito berjangka merupakan fasilitas simpanan yang disediakan oleh lembaga perbankan yang memiliki pangsa pasar yang lebih besar dibanding bentuk simpanan lain ,namun kenyataannya pertumbuhan deposito relatif kecil di banding bentuk simpanan yang lain. Hal ini disebabkan karena faktor ekonomi dan non-ekonomi. Salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah dana deposito berjangka pada bank umum adalah tingkat suku bunga dan pendapatan perkapita. Objek dalam penelitian ini adalah Provinsi Sulawesi Utara, menggunakan data runtun waktu tahun 2009 sampai 2013 secara kuartalan yaitu data tingkat suku bunga dan pendapatan perkapita Sulawesi Utara terhadap jumlah dana deposito berjangka. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengolah data yang tersedia. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pendapatan perkapita yang semakin besar akan meningkatkan jumlah dana deposito pada bank umum di Provinsi Sulawesi Utara. Disamping itu, tingkat suku bunga secara signifikan bersifat negatif terhadap deposito berjangka, oleh karena itu harus ada perhatian dari lembaga perbankan dalam menentukan penetapan suku bunga deposito terutama pada deposito yang memiliki jangka waktu yang lebih panjang seperti deposito berjangka 12 bulan supaya tercipta kondisi yang senantiasa ideal.

Downloads

Published

2016-09-05

Issue

Section

Articles