PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP DEVIDEND PAYOUT RATIO PADA TOP BANK DI INDONESIA (BRI, BANK MANDIRI, BNI DAN BCA)

Authors

  • Dedy Natanael Baramuli Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Keywords:

Likuiditas, Profitabilitas, Kebijakan Deviden

Abstract

Para investor yang membeli saham perusahaan memiliki kecenderungan untuk memperoleh laba dari capital gain, yaitu perbedaan harga saat saham dibeli dan saat saham dijual. Namun tidak sedikit pula investor yang menginginkan keuntungan jangka panjang dengan mengharapkan return maupun laba investasi berupa dividen yang dibayarkan. Investor mengharapkan bahwa adanya peningkatan nilai deviden setiap tahunnya. Beberapa perusahaan dalam subsektor perbankan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia rutin membayarkan devinden bagi para pemilik sahamnya. Hal ini terlihat selama 5 tahun terakhir perusahaan membayarkan devidennya. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kebijakan pembayaran dividend adalah tingkat likuiditas perusahaan dan profitablitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap devidend payout ratio pada Top Bank di Indonesia (BRI, Bank Mandiri, BNI dan BCA). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan metode analisis data yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan Likuiditas yang diukur dengan Current Ratio dan Profitabilitas yang diukur dengan ROA dan ROE berpengaruh Signifikan terhadap Devidend Payout Ratio.

Downloads

Published

2016-09-28

Issue

Section

Articles