Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak ( Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ternate)

Authors

  • Nevy Nur Dameanna Simanullang Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Pajak merupakan  salah satu sumber penerimaan negara yang sangat penting artinya bagi pelaksanaan dan peningkatan pembangunan nasional serta bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dikantor pelayanan pajak pratama Ternate.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi wajib pajak orang pribadi dalam memenuhi kewajiban membayar pajak.Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen yaitu sosialisasi pajak, dan pelayanan fiskus, dan satu variabel dependen yaitu kewajiban membayar pajak.Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Analisis data penelitian menggunakan analisis linier berganda dengan program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan dan pelayanan fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kewajiban membayar pajak.

Downloads

Published

2016-10-14

Issue

Section

Articles