Analisis Pelaksanaan Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Siko Dan Puskesmas Kalumata Kota Ternate Tahun 2014
Abstract
Abstrak
Â
Pelayanan kesehatan dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari pelayanan kesehatan tingkat pertama. Pelayanan kesehatan tingkat kedua hanya dapat diberikan atas rujukan dari pelayanan kesehatan tingkat pertama. Pelayanan kesehatan tingkat ketiga hanya dapat di berikan atas rujukan dari pelayanan kesehatan tingkat kedua atau tingkat pertama, kecuali pada keadaan gawat darurat, kekhususan permasalahan kesehatan pasien, pertimbangan geografis, dan pertimbangan ketersediaan fasilitas. Sistem rujukan diselenggarakan dengan tujuan memberikan pelayanan kesehatan secara bermutu, sehingga tujuan pelayanan tercapai tanpa harus menggunakan biaya yang mahal. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah Menganalisis bagaimana pelaksanaan Sistem Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Ternate tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman petugas tentang kebijakan sistem rujukan masih tergolong kurang baik, ketersediaan obat- obatan dan bahan habis pakai dalam kategori cukup baik, ketersediaan fasilitas dan alat kesehatan medis fasilitas pelayanan kesehatan masih minim dan pemahaman petugas tentang fungsi Puskesmas sebagai pintu masuk/penapis rujukan cukup baik meskipun dalam prakteknya sering tidak mengikuti aturan yang ditetapkan.
Â
Kata Kunci : Pelayanan Kesehatan, Kebijakan Sistem Rujukan.
Â
Â
Abstract
Health services implemented in stages, starting from the first level of health care. The second level of health care can only be provided on a referral from the first level of health care. The third level of health care can only be provided upon referral from the second level of health care or first level, except in emergencies, the specificity of the patient's health problems, geographic considerations, and consideration of the availability of facilities. The referral system was organized with the aim of providing quality health services, so that service goal is achieved without having to use expensive. Objectives to be achieved from this study is analyze how the implementation of the Referral System First Level Outpatient participants of the National Health Insurance Program in the city of Ternate in 2014. The results showed that the officials' understanding of the policy reference system is still relatively poorly, the availability of medicines and consumables use in a pretty good category, the availability of medical facilities and medical devices still lack health care facilities and personnel understanding of the functioning of health centers as the entrance / filters referral pretty good though in practice it often does not follow the rules set.
Â
Keywords : Health services, Policy Reference System.