STADION SEPAK BOLA DI MANADO. Struktur sebagai Estetika

Authors

  • Novelinda E. Runtulalo
  • . Suryono Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Frits O. P. Siregar

DOI:

https://doi.org/10.35792/matrasain.v15i2.21274

Abstract

Sepak Bola sudah menjadi olahraga yang begitu terkenal di dunia, popularitas olahraga ini sudah sangat banyak menarik perhatian masyarakat diseluruh dunia, tak terkecuali masyarakat yang ada di Manado, Sulawesi Utara. Banyaknya minat-minat masyarakat maka dari itu dibutuhkan Stadion olahraga Sepak Bola yang layak.

Dilihat dari stadion yang ada di Kota Manado yang masih belum memadai dari segi kualitas maupun fasilitas serta dari segi kapasitas yang belum memenuhi standart. Perancangan Stadion olahraga Sepak Bola di Manado menjadi salah satu cara dan solusi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan menjadi wadah yang representatif untuk meningkatkan kembali prestasi-prestasi dunia olahraga Sepak Bola di Sulawesi Utara.         

Perancangan Stadion Sepak Bola tersebut mengangkat tema “Struktur sebagai Estetika†sebagai ciri khas dari objek perancangan, dan dapat memberikan kesan yang kuat dan kokoh untuk objek tersebut, sehingga menghasilkan suatu karya bangunan yang mempunyai daya tarik tersendiri dengan cara menonjolkan struktur yang mempunyai nilai estetika yang tinggi.

 

Kata Kunci : Stadion, Sepak Bola, Struktur, Estetika

Downloads

Published

2018-10-22

Issue

Section

Articles