TIPE TEORI PADA ARSITEKTUR NUSANTARA MENURUT JOSEF PRIJOTOMO

Authors

  • . Bakhtiar Program Studi Magister Arsitektur Pascasarjana UNSRAT
  • Judy O. Waani Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado
  • Joseph Rengkung Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNSRAT

DOI:

https://doi.org/10.35792/matrasain.v11i2.5582

Keywords:

Theory of Architecture

Abstract

Arsitektur dan manusia adalah timbal-balik dalam hubungannya. Ini berarti bahwa satu tinjauan dapat dikatakan bahwa arsitektur itu bergantung pada manusia penghadir arsitektur. Arsitektur Nusantara yang hadir merupakan hasil cipta dan rasa dari pengetahuan kelisanan anakbangsa Nusantara. Perwujudan dari pengetahuan kelisanan yang terdiri dari aspek-aspek tan-ragawi (gagasan, norma, status maupun nilai perlambangan) dimanifestasikan ke dalam bentukan arsitektural (baik berupa persolekan/dekorasi-ornamnetasi, maupun warna). Di sini, pengetahuan tan-ragawi (esensi) maupun ragawi (bentuk) menjadi suatu rekaman-rekaman pengetahuan arsitektur Nusantara yang sudah ditumbuhkembangkan sejak sebelum republik ini dibentuk. Mengutip pernyataan Prijotomo (2004) bahwa, “..arsitektur Nusantara dibangun sebagai sebuah pengetahuan yang berlandaskan dan dipangkalkan dari filsafat, ilmu dan pengetahuan arsitektur..â€.

Studi ini mengkaji tentang Teori arsitektur  Nusantara menurut pemikiran Josef Prijotomo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan teori kritis. Pemilihan sampel secara bertujuan (purposive sample). Analisis data menggunakan analisis isi (content analisys). Data hasil analisis kemudian dikomparasikan dengan kajian Tipe teori arsitektur. Tujuannya adalah menemukan Tipe teori pada arsitektur Nusantara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Nusantara menempatkan posisinya pada tipe “Theory In Architecture†dari Edward Robbins, teori Normatif dari Jon Lang dan teori Preskriptif dari Kate Nesbitt.

Kata Kunci : arsitektur Nusantara, tipe teori, pengetahuan arsitektur

Author Biographies

. Bakhtiar, Program Studi Magister Arsitektur Pascasarjana UNSRAT

Mahasiswa

Program Studi Magister Arsitektur
Pascasarjana UNSRAT

Judy O. Waani, Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado

Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado

Staf Pengajar

Joseph Rengkung, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNSRAT

Staf Pengajar

Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNSRAT

Downloads

Published

2014-09-18

Issue

Section

Articles