Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Layanan BNI New Internet Banking dengan Menggunakan Kerangka Model Penerimaan Teknologi (TAM) (Studi Empiris Terhadap Nasabah BNI Kantor Cabang Utama Manado)

Authors

  • Enrico Fritzgerald Nelwan MM FEB Unsrat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat menggunakan layanan BNI New Internet Banking oleh penggunanya dengan menggunakan kerangka Technology Acceptance Model (TAM) dan menguji kembali model yang dikembangkan oleh Maharsi et. al. (2007) pada kasus layanan BNI New Internet Banking terhadap nasabah BNI Kantor Cabang Utama Manado.Dalam melakukan perhitungan untuk menguji model dan hipotesis yang telah diajukan diolah dengan menggunakan software SPSS dan Lisrel.Dari hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa Perceived of Usefulness, Perceived Ease of Use dan Perceived Credibility berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention. Perceived Ease of Use juga secara tidak langsung juga mempengaruhi Behavioral Intention melalui Perceived of Usefulness dan Perceived of Credibility, sedangkan Perceived of Credibility secara tidak langsung mempengaruhi Behavioral Intention melalui Perceived of Usefulness. Selain itu hasil pengujian hipotesis dari penelitian ini dibuktikan bahwa Computer Self Efficacy juga memiliki pengaruh terhadap Behavioral Intention melalui Perceived Ease of Use.

Kata Kunci:     TAM, Afisasi diri komputer, kegunaan yang diterima, kemudahaan Penggunaan yang diterima, Kredibilitas yang diterima, Perilaku Mengulang

Author Biography

Enrico Fritzgerald Nelwan, MM FEB Unsrat

MM FEB Unsrat

Downloads

Published

2014-10-29