ANALISIS BANGKITAN DAN TARIKAN PERGERAKAN PENDUDUK BERDASARKAN DATA MATRIKS ASAL TUJUAN KOTA MANADO

Authors

  • Meike Kumaat

Abstract

Perkembangan kota dan pertumbuhan penduduk memberikan dampak positif bagi peningkatan kegiatan sosial ekonomi masyarakat perkotaan, namun juga mendatangkan dampak negatif bagi pemanfaatan ruang perkotaan. Pergerakan orang dengan tujuan bekerja, sekolah, belanja, sosial, rekreasi dan ibadah berimplikasi pada besarnya arus kendaraan di ruas jalan.
Kemacetan yang terjadi di kota merupakan cerminan dari tingginya pergerakan sosial yang dilakukan masyarakat serta keterkaitan dengan terkonsentrasinya kegiatan di zona tertentu. Pergerakan penduduk kearah pusat aktifitas akan membawa implikasi terhadap sistem transportasi, dimana pemusatan aktivitas menyebabkan penduduk membutuhkan sarana dan prasarana transportasi dalam melakukan pergerakan .
Berdasarkan hasil analisis pola pergerakan dan mobilitas penduduk di kota Manado menunjukan bahwa bangkitan pergerakan terbesar terjadi dari kecamatan Tuminting sebesar 15.1% sedangkan tarikan pergerakan terbesar menuju ke kecamatan Wenang sebesar 17.5% . Dimana kecamatan Wenang adalah merupakan pusat perdagangan dan pendidikan. Alasan terbanyak dalam melakukan pergerakan adalah dengan tujuan bekerja dan sekolah.
Kata kunci : pergerakan, bangkitan , tarikan.

Downloads

Published

2015-04-15