Kajian Kinerja Persimpangan Jalan Harapan – Jalan Sam Ratulangi Menurut MKJI 1997

Authors

  • Monita Sailany Watuseke
  • M. J. Paransa
  • Mecky R. E. Manoppo

Abstract

Sebagai salah satu jalur utama yang menghubungkan pusat kota Manado dengan daerah disekitarnya dan kota Tomohon, simpang tiga jalan Harapan - jalan Sam Ratulangi  sangat sering terjadi kemacetan dan antrian yang panjang. Kondisi ini terjadi pada jam-jam sibuk di pagi, siang dan sore hari. Penelitian mengenai kinerja persimpangan jalan Harapan – jalan Sam Ratulangi simpang tipe 322, bertujuan untuk mengkaji kinerja persimpangan pada kondisi eksisting sampai kondisi 5 tahun ke depan, dengan menggunakan MKJI 1997. Pengumpulan data volume lalulintas dilakukan pada hari Senin, Selasa dan Rabu di minggu ke dua Bulan September 2014.

Hasil kajian menunjukkan bahwa, derajat kejenuhan (DS) rata-rata simpang  telah melebihi nilai 0,75 selama 2/3 hari di siang hari. Dan pada pagi hari di sekitar jam 07.00 - 08.00 nilai DS telah melebihi 1 (satu), dengan tundaan simpang 16,22 det/smp dan peluang terjadinya antrian sudah diatas 100%. Yang artinya sudah terjadi antrian kendaraan di persimpangan saat ini. Dengan data survey volume lalulintas dihitung nilai LHR dan dengan menggunakan data pertumbuhan lalulintas yang ada di Sulawesi Utara dihitung nilai LHR sampai 5 tahun kedepan. Volume jam puncak diambil sebagai volume rencana yang dihitung dengan mengalikan faktor k pada nilai LHR dan ditetapkan sebagai dasar perhitungan Kinerja Persimpangan saat sekarang dan 5 tahun ke depan. Volume jam puncak ditetapkan berdasarkan volume LV+HV yang paling besar pada tiap-tiap pendekat. Selanjutnya dilakukan perhitungan kembali dengan memperhatikan proporsi volume MC untuk dilakukan penyesuaian pada geometrik persimpangan.

Penyesuaian pertama dengan memperbesar lebar jalan utama, jalan Sam Ratulangi  dari 7 m menjadi 11 m dan jalan minor, jalan Harapan dari 5 m menjadi 9 m dengan tetap mempertahankan tipe persimpangan yaitu tipe 322. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai DS ditahun ke 4 sudah diatas 1. Kemudian dilakukan penyesuaian berikutnya yaitu dirubah ke tipe simpang 342 dan hasil perhitungan DS di tahun ini sampai 5 tahun ke depan adalah di bawah 1. Hal ini dianggap hasil kajian telah cukup memadai untuk Kinerja Persimpangan tak bersignal jalan Harapan – jalan Sam Ratulangi di 5 tahun kedepan .

Kata Kunci :Derajat Kejenuhan, Tundaan Simpang, Peluang Antrian

Downloads

Published

2015-03-15