ASPEK TANGIBLE PADA PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PEMBANTU DI DESA LALUMPE KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • JELSI NOVITA BELLA
  • MARTHA OGOTAN
  • VERY LONDA

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan aspek tangible pada pelayanan kesehatan masyarakat di
Puskesmas Pembantu di Desa Lalumpe Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan. Metode
penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif analisa kualitatif dengan langkah-langkah analisis,
yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian
yang menggunakan indikator fasilitas fisik, peralatan medis, dan petugas menunjukan bahwa belum
memadai. Fasilitas fisik bangunan seperti gedung, ruang tunggu, ruang rawat inap, media informasi dan
lokasi kurang memadai, peralatan medis yang kurang membantu dalam pelayanan, adapun peralatan
yang kurang lengkap seperti bidan kit dan tempat pemeriksaan, serta keterbatasan tenaga kesehatan,
dimana hanya ada satu yaitu seorang bidan, yang juga sementara di berdayakan di puskesmas kecamatan
untuk dinas sore dan malam yang membuat pelayanannya di Puskesmas Pembantu menjadi terganggu,
membuat pelayanan kesehatan masyarakat dari aspek tangible belum baik. Jadi melakukan perbaikan
fisik bangunan, menyediakan peralatan medis yang susuai standar puskesmas pembantu, dan
menempatkan tenaga medis yang sesuai dengan kebutuhan dapat membuat pelayanan di puskesmas
pembantu Desa Lalumpe berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Tangible, Pelayanan Kesehatan, Masyarakat

Downloads

Published

2019-07-17

How to Cite

BELLA, J. N., OGOTAN, M., & LONDA, V. (2019). ASPEK TANGIBLE PADA PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PEMBANTU DI DESA LALUMPE KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 5(67). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/24136

Issue

Section

artikel