AUTHOR GUIDELINES

PETUNJUK PENULISAN

  • Manuscript diketik dengan program pengolah kata Microsoft Word.
  • Redaksi menerima Manuscript dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.  Manuscript yang ditulis dalam bahasa Indonesia sebaiknya mengikuti Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan.
  • Manuscript  diketik dengan margin kiri, kanan, atas dan bawah masing-masing: 3.5 cm, 2.2 cm, 2.5 cm dan 2.5 cm.
  • Manuscript diketik menggunakan jenis huruf Times New Roman berukuran 11 pt,  kecuali Judul Bahasa Indonesia dan Inggris berukuran 12pt .
  • Pengetikan dbuat dalam 2 kolom yang disusun dengan urutan sebagai berikut:
  • Pengiriman Manuscript dilakukan melalui Open Journal System (OJS).
  • Manuscript diketik dengan urutan sebagai berikut:

 

JUDUL

Judul terdiri dari maksimal 15 kata (bahasa Indonesia) atau 12 kata (bahasa Inggris); apabila tidak terhindarkan, pisahkan sebagian kata menjadi anak judul.  Hindari kata-kata klise seperti: penelitian pendahuluan, studi perbandingan, penelaahan terhadap, pengaruh pemberian dsb.  Hindari pula: (a) penggunaan kata kerja pada awal judul, (b) singkatan atau akronim spesifik, kecuali yang bersifat umum, dan (c) nama latin untuk organisme yang dikenal luas identitasnya.

ABSTRAK

Abstrak hanya terdiri dari satu alinea dan ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris .  Di dalam abstrak harus terdapat tujuan penelitian, metode penelitian serta hasil dan kesimpulan yang disampaikan secara jelas dan mandiri.

PENDAHULUAN

Pendahuluan harus mengantar langsung kepada inti pokok penelitian atau masalah pokok yang dihadapi, serta didukung oleh acuan pustaka primer dan mutakhir.  Alasan penelitian (latar belakang) tersebut hendaknya dilengkapi pula dengan tujuan dan hipotesis (jika diperlukan).

METODE PENELITIAN

Bagian ini terdiri atas: a) tempat dan waktu penelitian, serta b) bahan dan cara kerja (yang meliputi: prosedur, teknik, rancangan percobaan, dan analisis data).

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil disajikan secara logis, singkat, dan sistematis (tabel dan ilustrasi penting harus disertakan).  Pembahasan merupakan tinjauan atas hasil penelitian; terkait di dalamnya, argumentasi logis serta perbandingan dengan hasil-hasil penelitian lain (rujukan literatur).

KESIMPULAN

Kesimpulan bukan merupakan kesimpulan statistik semata, melainkan interptretasinya setelah dikaitkan dengan latar belakang dan tujuan penelitian.  Pernyataan dalam kesimpulan harus bersifat kritis, konkrit, dan bermakna tunggal; bukan bersifat samar-samar apalagi misterius.  Bila menyertakan saran, hendaknya bagian ini berupa bahan pengembangan untuk penelitian selanjutnya.

UCAPAN TERIMA KASIH (jika ada)

Ucapan terima kasih ditujukan kepada pihak yang membantu secara finansial (sponsor resmi).

DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini berisi daftar rujukan literatur yang diacu dalam teks saja. 

Azizah, D. N., E. Kumolowati & F. Faramayuda. 2014. Penetapan Kadar Flavonoid Metode AlCl3 pada Ekstrak Metanol Kulit Buah Kakao (Theobroma cacao L). Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi, 2: 45-49.

Aiken, G. R., D. M. McKnight, R. L. Wershaw & P. MacCarthy. 1985. Humic Substances in Soil Sediment and Water: Geochemistry, Isolation, and Characterization. John Willey and Sons, New York.

Cahyanta, A. N. 2016. Penetapan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Daun Pare Metode Kompleks Kolorimetri dengan Pengukuran Absorbansi Secara Spektrofotometri. Jurnal Ilmiah Farmasi, 5: 58-61.

Nely, F. 2007. Aktivitas Antioksidan Rempah Pasar dan Bubuk Rempah Pabrik dengan Metode Polifenol danUji Aom (Active Oxygen Method). [Skripsi]. Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.

Rorong, J. A. 2012. Fitokimia Limbah Pertanian Sebagai Sensitizer Alami Untuk Fotoreduksi Besi [Disertasi]. Program Doktor. Universitas Brawijaya, Malang.