Studi tentang olengan bebas dan tahanan total kapal model uji di Laboratorium Kepelautan

Authors

  • Alian Manas Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi
  • Kawilarang W.A. Masengi Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi
  • Henry J. Kumajas Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35800/jitpt.2.0.2015.6993

Abstract

Semakin disadari akan pentingnya penerapan teknologi yang lebih maju dalam mengkaji aspek kelautan, terutama dalam memanfaatkan sumberdaya perikanan secara optimal dengan menggunakan sarana yang memadai. Olehnya, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh bentuk dan perubahan trim kapal terhadap tahanan total dan kestabilan dua kapal model uji yang datanya diperoleh pada kapal fibreglass (5 dan 30 GT) yang berpangkalan di beberapa pelabuhan perikanan di Provinsi Sulawesi Utara. Metode penelitian yang digunakan antara lain: pengukuran utama dimensi kapal, penggambaran lambung kapal dengan teknik pantograf, dan penggambaran kembali lambung kapal dengan menggunakan aplikasi komputer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) stabilitas dari kapal model 5 GT relatif lebih stabil dari pada 30 GT; (2) kapal model 5 GT memiliki nilai tahanan total lebih besar oleh karena bentuk bodi kapal dan lambung kapal yang berbentuk gemuk.

Downloads

How to Cite

Manas, A., Masengi, K. W., & Kumajas, H. J. (2015). Studi tentang olengan bebas dan tahanan total kapal model uji di Laboratorium Kepelautan. JURNAL ILMU DAN TEKNOLOGI PERIKANAN TANGKAP, 2. https://doi.org/10.35800/jitpt.2.0.2015.6993

Most read articles by the same author(s)

> >>