PENGARUH PENGETAHUAN ANGGARAN ANGGOTA DPRD TERHADAP KAPABILITAS PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH

Iskandar Wonda, Heince Wokas

Abstract


Anggaran merupakan alat bantu manajemen dalam mengalokasikan keterbatasan sumber daya alam dan sumber daya dana yang dimiliki organisasi untuk mencapai tujuan. Terkait dalam proses penganggaran, maka individu yang memiliki cukup pengetahuan akan mampu mengalokasikan sumber daya secara optimal.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pengetahuan Anggaran Anggota DPRD Terhadap Kapabilitas Pengawasan Keuangan  Daerah (Studi Kasus pada DPRD Kabupaten Puncak Jaya). Data yang digunakan dalam penelitianini adalah data primer dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diolah menggunakan program SPSS. Subjek penelitian ini adalah anggota Dewan Perwakilan  Rakyat Daerah KabupatenPuncak Jaya berjumlah 25 orang. Dari jumlah 25 kuesioner yang dibagikan semua kuesioner dapat terkumpul kembali dan dapat dipergunakan sebagai data dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana sedangkan untuk  menguji hipotesis digunakan uji-t.

Hasil penelitian dan uji hipotesis menunjukkan bahwa Pengetahuan Dewan tentang Anggaran (X) berpengaruh terhadap Kapabilitas Anggota DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Y). Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi pengetahuan Dewan tentang anggaran maka kapabilitas Anggota DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah akan semakin meningkat.

 

Kata kunci:          Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran, Kapabilitas Anggota DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah.



DOI: https://doi.org/10.32400/ja.3687.2.2.2013.46-59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.