PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Authors

  • Aprilke M. Loho
  • Ardjunius Tabaga
  • Syane Harinda

Abstract

Perpustakaan sebagai sumber informasi pada era informasi ini, mempunyai peran yang sangat strategis serta mempunyai peluang yang cukup besar dalam bidang pengolahan dan penyebaran informasi. Perguruan tinggi termasuk sarana pendidikan yang harus dilengkapi dengan perpustakaan. Perguruan tinggi sebagai wahana ideal untuk menciptakan masyarakat belajar, perlu adanya perpustakaan sebagai suatu unsur penunjang tercapainya tujuan perguruan tinggi. Keberadaan perpustakaan di setiap perguruan tinggi sangat penting dalam menunjang program tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini dibidang perpustakaan khususnya dibagian referensi Perpustakaan UNIMA, dilakukan untuk mengetahui hal apa yang masih kurang dan masih perlu dikembangkan atau lebih ditingkatkan lagi oleh perpustakaan khususnya bagian referensi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan referensi di perpustakaan UNIMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 % dari mahasiswa yang berkunjung di perpustakaan UNIMA dengan jumlah rata-rata 400 mahasiswa setiap minggunya. Pemustaka memeberikan respon yang cukup baik, namun masih ada hal-hal yang perlu diperhatikan, dan ditingkatkan lagi oleh bagian perpusakaan.
Kata kunci: perpustakaan, kualitas pelayanana, pelayanan referensi, pemustaka, persepsi

Downloads

How to Cite

Loho, A. M., Tabaga, A., & Harinda, S. (2016). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/10926

Issue

Section

Articles