PERANAN PROMOSI PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA

Authors

  • Julianty N. Waas
  • Antonius M. Golung
  • Anton Boham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan promosi yang dilakukan oleh jurusan dan program studi ilmu perpustakaan dan informasi serta pustakawan untuk memberikan informasi dan memperkenalkan kepada masyarakat tentang ilmu perpustakaan dalam dunia pendidikan tinggi, agar lebih meningkatkan jumlah mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 (sepuluh) orang terdiri dari 5 dosen, 5 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan program studi ilmu perpustakaan dan informasi kepada masyarakat dikatakan berhasil dengan segala cara promosi yang dilakukan baik secara langsung seperti kunjungan ke sekolah-sekolah, masyarakat, sosialisasi maupun secara tidak langsung sehingga hal ini berpengaruh kepada jumlah mahasiswa yang terus meningkat dan semakin dikenal oleh masyarakat secara luas. Program studi ilmu perpustakaan juga telah diakreditasi dengan nilai B.
Dengan demikian saran yang diajukan untuk jurusan dan program studi, pustakawan dan alumni 1). Lebih tingkatkan lagi bentuk promosi yang masyarakat belum teralalu yakin dan percaya dengan informasi yang disampaikan. 2). Menyediakan alat-alat praktek komputer untuk mahasiswa sehingga dapat menemukan temu kembali informasi. 3). Agar dilengkapi buku-buku pedoman yang belum memadai, agar dapat memenuhi informasi mahasiswa dan juga dosen-dosen.
Kata kunci: Peranan promosi,program studi ilmu perpustakaan,jumlah mahasiswa

Downloads

How to Cite

Waas, J. N., Golung, A. M., & Boham, A. (2016). PERANAN PROMOSI PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/10927

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)