KONTRIBUSI UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNSRAT

Authors

  • Singgy Eldrints Kambey
  • Johnny Senduk

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pegetahuan teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
Perpustakaan digunakan untuk dibaca dan menunjukan perbedaan utama antara sebuah perpustakaan dengan toko buku. Bila toko buku menyusun buku untuk dijual dengan tujuan utama mencari keuntungan, sedangkan perpustakaan bertujuan mendayagunakan koleksi untuk kepentingan pembaca.Secara umum definisi perpustakaan selalu mencakup unsur koleksi, penyimpanan dan pemakaiyan dan definisi perpustakaan umumnya membedakan pengertian perpustakaan sebagai suatu gedung atau akomodasi fisik tempat penyimpanan buku yang berbeda dengan pengertian perpustakaan sebagai akumulasi bahan pustaka dalam arti luas.
Menurut Sutarno (2003:7) perpustakaan yaitu : suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca. Perpustakaan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana, seperti ruang baca, rak buku, rak majalah, meja, kursi, kartu catalog, system pengelolaan tertentu, dan ditempatkan petugas yang menjalankan perpustakaan agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Metode kualitatif dapat digunakan untuk menemukan apa yang sedang terjadi dan kemudian untuk membuktikan apa yang telah ditemukan. Apa yang ditemukan harus dibuktikan dengan kembali kebelakang pada dunia empiris di bawah studi dan menguji sedemikian rupa analisis-analisis darurat yang cocok dengan fenomena dan berfungsi untuk menjelaskan apa yang telah diobservasi (Patton, 1980:47). Glaser dan Staruss (1967:3) menjelaskan apa makna hasil yang cocok dan berfungsi. Dengan cocok kita maknakan kategori-kategori itu harus siap (tidak secara dipaksakan/dibuat-buat) diaplikasikan pada dan ditujukkan oleh data dibawah studi; dengan berfungsi (works) kita maknakan bahwa kategori-kategori ituharus sangat relevan dengan dan bisa menjelaskan prilaku di bawah studi.
Perpustakaan merupakan sebuah gedung penyimpanan dokumen, baik tercetak maupun tidak tercetak, disusun secara sistematis sesuai dengan pedoman penyusunan tertentu yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan administrasi, pelayanan baik teknis maupun jasa serta dapat digunakan untuk keperluan studi, penelitian, rekreasi dan sebagainya.
Keywords: kontribusi UPT Perpustakaan, prestasi belajar mahasiswa,

Downloads

How to Cite

Kambey, S. E., & Senduk, J. (2016). KONTRIBUSI UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNSRAT. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/10932

Issue

Section

Articles