MANFAAT INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA DI DESA AIR MANGGA KECAMATAN LAIWUI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN

Authors

  • Febi Trafena Talika

Abstract

Manfaat intenet merupakan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan remaja untuk meningkatkan pengetahuan serta menambah wawasan remaja tentang komunikasi yang baik secara langsung dan sudah terjalin dengan orang lain. Manfaat internet mampu memberikan banyak informasi yang dibutuhkan oleh setiap remaja dan dapat mempermudah komunikasi dari jarak yang sangat jauh tanpa harus dengan bertatap muka secara langsung.
Dengan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana manfaat internet sebagai media komunikasi bagi remaja. Berdasarkan persepsi inilah pada akhirnya remaja mengambil tindakan untuk tetap menggunakan internet sebagai tempat untuk mencari informasi dan menambah pengetahuannya. Karena itu penting untuk mengetahui bagaimana pemahaman remaja terhadap manfaat internet tersebut.
Teori Computer Mediated Comunication (CMC) Komunikasi berwahana computer mencerminkan perspektif analisis jaringan pada hubungan antara kelompok dan para anggotanya, menyertai munculnya kemampuan internet untuk menghubungkan orang-orang mengatasi jauhnya jarak. Hasilnya kita akan mendapatkan sekelompok orang yang relatif akan memakai atau memanfaatkan internet sebagai tempat mencari informasi dan tempat untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Metode yang digunakan adalah deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan karakteristik dari suatu populasi tentang suatu fenomena yang diamati. Penelitian deskriptif salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk menyajikan gambaran yang lengkap mengenai setting sosial.
Teknik analisis data yang digunakan, yaitu: Data berupa hasil kuisioner yang terkumpul dan diolah menurut frekuensi dan presentasi (table) kemudian diuraikan dalam bentuk pertanyaan menurut hasil data penelitian.
Dengan mengetahuai manfaat internet sebagai media komunikasi bagi remaja maka akan mempermudah remaja untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta mampu memahami betapa pentingnya komunikasi langsung secara tatap muka maupun komunikasi secara tidak langsung dengan orang lain dari jarak yang sangat jauh yang tetap dijaga agar terjalin dengan baik.
Kata Kunci : Manfaat internet, media komunikasi, remaja

Downloads

How to Cite

Talika, F. T. (2016). MANFAAT INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA DI DESA AIR MANGGA KECAMATAN LAIWUI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/10933

Issue

Section

Articles