ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI PADA PROGRAM ACARA TALKSHOW SARAH SECHAN

Authors

  • Hendra Tondo
  • Max R. Rembang
  • J. S. Kalangi

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Komunikasi Pada Program Acara Talkshow Sarah Sechan di Net. Tvâ€. Acara talkshow Sarah Sechan merupakan salah satu program acara televisi yang unik dan menarik untuk ditonton. Setiap program acara televisi termasuk tayangan talkshow Sarah Sechan di Net.tv pasti akan berusaha menyajikan tayangan yang unik, menarik, informatif dan menghibur agar diminati oleh pemirsa/penonton. Dalam program acara Talkshow Sarah Sechan terdapat tanda atau signal dalam konteks komunikasi yang melibatkan berbagai elemen komunikasi, baik dari panggung (stage), latar belakang panggung (stage background), theme song program (lagu tema program) dan ungkapan kata-kata dari Sarah Sechan (Host/Komunikator) bersama dengan bintang tamu (Komunikan) pasti mempunyai makna yang bisa diinterpretasikan berbeda-beda oleh pemirsa/penonton.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Interpretatif. Dimana peneliti akan menjelaskan hasil observasi analisis semiotika komunikasi berdasarkan kesepuluh jenis tanda yang ada didalam teori Charles Sanders Pierce.
Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Semiotika komunikasi mrngkaji tanda atau signal dalam konteks komunikasi yang lebih luas, yaitu yang melibatkan elemen komunikasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa tanda yang ada didalam program acara talkshow Sarah Sechan adalah tanda yang menginformasikan tentang sesuatu, informasi yang belum diketahui oleh khalayak umum. Informasi yang ada didalam acara talkshow Sarah Sechan disajikan secara unik dan menarik sehingga acara ini layak untuk ditonton karena memberikan makna yang positif kepada setiap penonton.
Kata kunci : Semiotika, semiotika komunikasi, program acara talkshow, analisis semiotika komunikasi

Downloads

How to Cite

Tondo, H., Rembang, M. R., & Kalangi, J. S. (2016). ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI PADA PROGRAM ACARA TALKSHOW SARAH SECHAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13203

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>