PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN HALMAHERA UTARA

Authors

  • Popi Kotadjin
  • Jhony J. Senduk
  • Sonny Marsabessy

Abstract

Penerapan sistem informasi manajemen merupakan hal mutlak bagi sebuah institut tak terkecuali perpustakaan. Bagi perpustakaan OPAC sangat membantu pengguna dalam penelusuran informasi, selain memudahkan pencarian, juga menghemat waktu. Penerapan sistem informasi manajemen perpustakaan akan terhambat apabila tidak didukung oleh sarana prasarana dan sumber daya manusia selaku pengelola perpustakaan.
Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Halmahera Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan satu variable yaitu penerapan sistem informasi manajemen perpustakaan, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Informan penelitian sebanyak 5 orang yang terdiri dari 3 orang tenaga fungsional dan 2 orang pengunjung perpustakaan.
Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem informasi manajemen perpustakaan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Halmahera Utara sudah terlaksana akan tetapi masih mempunyai kendala pada sarana prasarana juga sumber daya manusia.
Kata Kunci: Penerapan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan.

Downloads

How to Cite

Kotadjin, P., Senduk, J. J., & Marsabessy, S. (2016). PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN HALMAHERA UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13206

Issue

Section

Articles