PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN (Suatu studi pada pelaku usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud)

Authors

  • Erwin Thobias

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan objek penelitian pengaruh modal sosial terhadap prilaku kewirausahaan (suatu studi pada pelaku usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh modal sosial terhadap prilaku kewirausahaan dan berapa besar pengaruh faktor tersebut. Metode analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis spearman rank dengan sampel yang terdii dari 74 responden.

Modal sosial merupakan sesuatu rangkaian proses hubungan antar manusia yang di topang oleh jaringan, norma-norma dan kepercayaaan sosial yang memungkinkan efisiensi dan efektifitas koordinasi dan kerjasama untuk keuntungan bersama, lebih menekankan pada dimensi yang lebih luas yaitu segala sesuatu yang membuat masyarakat bersekutu untuk mencapai tujuan bersama atas dasar kebersamaan, dan didalamnya diikat nilai-nilai dan norma-norma yang tumbuh dan dipatuhi.

Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 74 responden pengusaha mikro kecil menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud menggunakan metode skala sikert. Data di analisis dengan metode korelasi rank spearman untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel yang diteliti. Setelah dianalisis diperoleh hasil sebagai beikut : nilai rs = 0,89 yang artinya hubungan antara modal sosial dan prilaku kewirausahaan sangat tinggi. Dari uji signifikansi pada tingkat α =0,05 diperoleh thitung =16,56 > ttabel 3,7 artinya H0 ditolak dan HI diterima. Hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (rs2) sebesar 0,7921. Hal ini berarti besanya sumbangan atau proporsi varabel modal sosial (x) sebesar 79% sedangkan sisanya 21% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak ada dalam model.

Keywords : Modal Sosial, Perilaku Kewirausahaan.

Downloads

Published

2013-04-29

How to Cite

Thobias, E. (2013). PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN (Suatu studi pada pelaku usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/1412

Issue

Section

Articles