Peranan Komunikasi Dalam Membangun Citra Polisi Republik Indonesia (POLRI) Pada Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Kota Manado)

Authors

  • Christina Aleida Tolan
  • Elfie Mingkid
  • Edmon Royan Kalesaran

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan komunikasi dalam membangun citra Polisi Reepublik Indonesia Pada masyarakat di Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Kota Manado. Medtode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif , yakni prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Sampel dari penelitian ini berjumlah 98 orang yang diambil secara acak dari 6 Lingkungan yang ada di Kelurahan Kleak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Cara berkomunikasi yang baik dapat memberikan penilaian baik dari masyarakat, informasi terhadap kinerja POLRI dapat disebarluaskan melalui media-media komunikasi yang ada, masyarakat menjadi tahu informasi yang ada dan terpercaya melalui media-media ini. Baik komunikasi verbal maupun nonverbal yang ditujukan oleh orang-orang di institusi POLRI sangat berpengaruh terhadap penilaian positif itu. Pada intinya, institusi dan orang-orang didalamnya dinilai dari bagaimana mereka mampu berkomunikasi dengan baik terhadap masyarakat, menunjukkan perilaku yang baik dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam hal apapun. Konsep citra membantu instituusi POLRI dalam mengoreksi institusi secara keseluruhan, mengoreksi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang sudah POLRI terapkan, agar mampu memperbaiki diri dan terus menerus meningkatkan cita positif dari masyarakat.

Kata Kunci : Peran Komunikasi, Membangun Citra, Polisi

Downloads

How to Cite

Tolan, C. A., Mingkid, E., & Kalesaran, E. R. (2017). Peranan Komunikasi Dalam Membangun Citra Polisi Republik Indonesia (POLRI) Pada Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Kota Manado). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15477

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>