PEMANFAATAN INTERNET UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Olivia Liando
  • Servi Stevi Sumendap
  • Ferry V. I. A. Koagouw

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan internet UPT Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi dalam menunjang proses belajar mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif mendapatkan hasil 1 Pemanfaatan internet UPT Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi bermanfaat dalam menunjang proses belajar mahasiswa Univesitas Sam Ratulangi. Ternyata internet memang memiliki peranan dalam akses informasi untuk proses belajar mahasiswa tersebut. Mahasiswa telah merasakan manfaatnya, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan informasi yang berkaitan langsung dengan pencarian informasi untuk keperluan mengerjakan tugas dosen, memperluas wawasan pengetahuan, sebagai sumber belajar mandiri dengan mencari materi perkuliahan yang akan dipelajari dalam proses belajarnya. Pengetahuan mahasiswa dalam mengunakan internet cukup baik. Mahasiswa menggunakan fasilitas website ketika melakukan pencarian informasi di internet dengan mengunjungi situs google yang mereka anggap lebih mudah digunakan.

Motivasi penggunaan internet, beberapa mahasiswa menggunakan internet karena motivasi eksterna dan internal. Motivasi eksternal yaitu dari dosen mereka untuk mencari tugas kuliah, dan motivasi internal mereka adalah untuk mengisi waktu lowong mereka dan rasa ingin tahu mereka akan informasi yang baru. Aspek fasilitas fisik di UPT Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi terdiri dari : suasana atau kondisi ruangan internet, sudah lumayan baik, hanya saja kesejukkan ruangan yang perlu diperhatikan. Dari segi kualitas hardware atau software, yaitu kelengkapan komputer yang masih kurang karena ada unit komputer yang tidak memiliki mouse sendiri, sehingga tidak dapat di manfaatkan. Juga kurangnya jumlah komputer yang disediakan, sehingga tak jarang banyak mahasiswa yang ingin menggunakan komputer harus menunggu antrian karena komputer yang ada sudah terpakai semua oleh mahasiswa yang lainnya. ada pula komputer yang tidak dapat mensupport USB , yang menurut mahasiswa itu merupakan bagian yang penting ketika mereka hendak menyimpan informasi tersebut. Beberapa komputer yang sistemnya tidak berjalan dengan baik, sehingga komputer tersebut sering macet dan jaringan yang lambat. Aspek efektivitas pemanfaatan internet oleh mahasiswa terdiri dari : Segi pengetahuan/informasi yang mereka telusuri telah sesuai dengan bidang studi dari masing-masing informan. Informasi tersebut yang kemudian membantu kegiatan perkuliahan mereka seperti pemenuhan tugas yang diberikan oleh dosen ataupun untuk menggunakan portal akademik. Dari segi pemenuhan kebutuhan informasi, disimpulkan bahwa mahasiswa merasa dengan adanya internet di UPT Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi telah mampu untuk memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa.

Kata Kunci : Pemanfaatan, Internet, Perpustakaan,

Downloads

How to Cite

Liando, O., Sumendap, S. S., & Koagouw, F. V. I. A. (2017). PEMANFAATAN INTERNET UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MAHASISWA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15491

Issue

Section

Articles