Analisis Komunikasi Pemasaran Satuan Penugasan Pariwisata Di Provinsi SulawesiUtara (Studi Pada Program Kunjungan 10.000 Turis Tiongkok)

Authors

  • Veronica Sartika Jelita Gobel
  • Elfie Mingkid
  • Grace J. Waleleng

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa secara mendalam komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Utara melalui Satuan Penugasan Pariwisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari negara Tiongkok. Penelitian ini difokuskan kepada pertanyaan utama, yakni bagaimana strategi komunikasi pemasaran, berkaitan dengan periklanan umum (advertising), penjualan langsung (direct marketing), promosi penjualan (sales promotion), dan kegiatan kehumasan (public relation), dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari negara Tiongkok yang dilakukan oleh Satuan Penugasan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan acuan teori Teori Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Integrated Marketing Communication (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu, oleh Don E. Schultz. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sementara untuk hasil penelitian ini adalah : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi Sulawesi Utara tidak dikarenakan satu disiplin komunikasi saja, tetapi menggunakan penggabungan dari empat disiplin komunikasi yang terdapat dalam teori komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication) dari Don E. Schultz yaitu, (1).Periklanan umum (Advertising).(2).Penjualan langsung (Direct Marketing). (3) Promosi penjualan (Sales Promotion). (4). Kegiatan kehumasan (Public Relations). Dari penggabungan keempat elemen komunikasi pemasaran terpadu tersebut telah menunjukan keberhasilan kegiatan komunikasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas, dan hal ini dapat mempengaruhi sikap konsumen yakni wisatawan untuk datang berkunjung ke provinsi Sulawesi Utara.
Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Satuan Penugasan Pariwisata Sulawesi Utara telah berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara khususnya yang berasal dari negara Tiongkok, hal itu terbukti dengan data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang dihimpun dari Satuan Penugasan Pariwisata Sulawesi Utara dan Angkasa Pura, terlihat meningkat sejak awal program ini dilaksanakan pada bulan tanggal 4 Juli 2016 dengan target awal yang berjumlah 10.000 orang, hingga 31 Desember 2016 telah mencapai jumlah 37.137 orang.

Kata Kunci : Analisis, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata,

Downloads

How to Cite

Gobel, V. S. J., Mingkid, E., & Waleleng, G. J. (2017). Analisis Komunikasi Pemasaran Satuan Penugasan Pariwisata Di Provinsi SulawesiUtara (Studi Pada Program Kunjungan 10.000 Turis Tiongkok). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15495

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>