PERANAN KOMUNIKASI PEMERINTAHAN DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI DESA BOYONG ATAS (Suatu Studi Peranan Kepala Desa)

Authors

  • Irma Nirwana Bokau

Abstract

Pembangunan pedesaan merupakan masalah yang sangat penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan secara bersama antara pemerintah dengan masyarakat karena tidak dapat dipungkiri bahwa dibandingkan dengan pembangunan yang berlangsung di perkotaan, maka pembangunan di pedesaan masih sangat tertinggal, terutama yang terjadi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Desa Boyong Atas merupakan salah satu desa di Sulawesi Utara yang mestinya turut menikmati dan merasakan gerak laju pembangunan sebagaimana halnya desa-desa lainnya di Indonesia.

Salah satu aspek yang turut menentukan laju pembangunan yang berlangsung di pedesaan adalah perlu adanya sinergitas antara pemerintah sebagai penggerak dan penentu kebijakan pembangunan di desa (dalam hal ini pemerintah desa) di satu sisi, dengan masyarat di sisi lain, karena tanpa adanya pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan pemilik sumber daya, ataupun tanpa partisipasi nyata dari masyarakat dalam pembangunan maka pelaksanaan pembangunan di desa tersebut tentunya akan mengalami hambatan dan akan berjalan tidak sesuai harapan.

Salah satu kunci demi terciptanya kelancaran pembangunan di pedesaan adalah peranan komunikasi pemerintahan (dalam hal ini kepala desa) untuk dapat menyempaikan berbagai informasi tentang kebijakan pembangungan yang akan dilaksanakan di desa kepada masyarakat setempat agar masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan tersebut.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa komunikasi pemerintahan tidak berjalan dengan baik sehingga percepatan pemnbangunan yang diharapkan terjadi di desa Boyong Atas banyak mengalami hambatan atau kendala.

Kata kunci: komunikasi pemerintahan.

Downloads

Published

2013-06-10

How to Cite

Bokau, I. N. (2013). PERANAN KOMUNIKASI PEMERINTAHAN DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI DESA BOYONG ATAS (Suatu Studi Peranan Kepala Desa). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/1916

Issue

Section

Articles