PERANAN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) JAYAPURA

Authors

  • Yerni Monita Kasenda

Abstract

Public Relations yang ada dan dikenal pada saat sekarang ini, secara sederhana disebut Hubungan Masyrakat atau disingkat dengan Humas. Public relations muncul karena adanya tuntutan kebutuhan. Artinya menjadi hal yang utama bagi public relations untuk mampu menjalankan salah satu fungsi dan tugasnya yaitu membina hubungan yang harmonis antara pimpinan manajemen dengan para karyawan dan antara pimpinan dengan pemilik perusahaan atau sebaliknya. Begitu juga kemampuannya untuk menjembatani atau membangun komunikasi dengan masyarakat luar sebagai publik yang pada akhirnya dapat menentukan sukses atau tidaknya tujuan dan citra yang hendak dicapai oleh perusahaan.

PDAM Jayapura sebagai salah satu perusahaan potensial negara yang juga merupakan perusahaan besar yang bergerak dalam bidang jasa dan pelayanan yang memberikan jasa air bersih. Tapi pada kenyataannya masih terdapat masalah yang dilatarbelakangi oleh adanya saluran air yang tidak lancar bahkan tidak sama sekali, kualitas air berkurang, penyalahgunaan pemanfaatan air yang tidak baik. Untuk itu bagi peneliti masalah ini perlu diangkat dan dikaji lebih dalam, sehingga ditarik judul “ Peran Humas Dalam Membangun Citra PDAM Jayapura.†Dengan tujuan mengetahui sejauh mana peran humas dalam membangun citra perusahaan.

Penelitian ini menggunakan teori Model/Citra yakni serangkaian pengetahuan, pengalaman, perasaan, (emosi) dan penilaian yang diorganisasikan manusia atau pengetahuan pribadi yang sangat diyakini kebenarannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan memaparkan situasi dan peristiwa.

Hasil penelitian menyatakan bahwa peran humas PDAM mampu mengangkat citra perusahaan dengan cara menanamkan kepercayaan kepada pelanggan melalui memberian pelayanan yang profesional.

Keywords: human relations, citra

Downloads

Published

2013-06-10

How to Cite

Kasenda, Y. M. (2013). PERANAN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) JAYAPURA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/1917

Issue

Section

Articles